Sangatta, G-Smart.id – Sebagai langkah untuk mencapai Kutai Timur swasembada beras, ada dua langkah yang bakal diambil oleh Dinas Pertanian Kabupaten Kutim (Kutim). Demikian diungkapkan, Kepala Distan Dyah Ratnaningrum, yang belum lama ini dilantik menjadi Kadis Pertanian Kutim.

Dyah membeberkan, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kutim, bahwa konsumsi beras masyarakat Kutim sebesar 114 kilogram (kg) per kapita per tahun.

Dia mengkalkulasikan, apabila dikalikan dengan jumlah penduduk Kabupaten Kutim, maka kebutuhan beras kita adalah sebanyak 49.285 ton per tahun atau setara dengan 78.554 ton Gabah Kering Giling (GKG).

“Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Kutim memerlukaan sawah produktif sebesar 8.728 hektare sawah. Adapun lahan sawah kita saat ini, rata-rata menghasilkan 4.5 ton per hektare dalam sekali panen. Dalam 1 tahun bisa 2 kali panen,” jelas Dyah.

Langkah intensifikasi dilakukan agar lahan yang tersedia dapat meningkat produksinya, sambung Dyah. Upaya yang dilakukan, dengan pemanfaatan teknologi pertanian, dukungan bibit, pupuk serta peralatan pertanian.

“Salah satunya, kita akan memaksimalkan petugas lapangan kita, Penyuluh Pertanian Lapangan ( PPL ). Guna memberikan pendampingan kepada para petani kita, agar hasil pertanian mereka bisa lebih meningkat,”ungkapnya.

Selanjutnya, dengan cara rehabilitasi dan pemulihan lahan yang telah rusak agar dapat ditanami kembali. Sesuai data Distan Kutim sampai dengan tahun 2017, ada 8.716 hektare sawah, yang pernah dicetak. Sampai saat ini, sambung Dyah, yang berfungsi sekitar 3.213 hektare. Terdiri dari sawah irigasi teknis, seluas 1.274 hektare dan sawah irigasi non-teknis (tadah hujan) seluas 1.929 hektare.

Lebih jauh ia menerangkan, pihaknya akan segera mengintensifkan pemanfaatan bendungan yang ada di tiga Kecamatan di Kutim yang belum maksimal untuk pertanian.

“Bendungan di Desa Bumi Rapak dan Desa Cipta Graha Kecamatan Kaubun. Bendungan di Desa Miau Baru Kecamatan Kongbeng dan Bendungan di Desa Tanah Abang Kecamatan Long Mesangat,” tutupnya. (G-S08/G-S04)

Spread the love