Sangatta, G-Smart.id – Senin (25/10/2021) Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Kutim menggelar sosialisasi sekaligus advokasi Gerakan Permasyarakatan Minat Baca (GPMB).

Kegiatan tersebut dipusatkan diruang Akasia, Gedung Serba Guna, (GSG), Pusat Perkantoran Bukit Pelangi itu diikuti tokoh masyarakat bidang pendidikan dan kebudayaan, guru/dosen, pengelola perpustakaan, komunitas literasi, dan mahasiswa.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Kutim Suriansyah, mengatakan kegiatan itu sebagai wadah untuk menggerakkan minat baca masyarakat Kutim.

“Kegiatan ini sekaligus pembentukan formatur Gerakan Permasyarakatan Minat Baca (GPMB) yang nantinya akan menjadi pengurus daerah Kabupaten Kutai Timur,”ungkap Suriansyah.

Hal itu menurutnya, sudah sesuai dengan surat pengurus daerah GPMB Provinsi Kaltim, nomor 21/PD-GPMB-KT/2021 tentang koordinasi dan advokasi pembentukan pengurus GPMB.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Kutim Suriansyah

Sementara itu, Ketua GPMB Kalimantan Timur (Kaltim), Syafruddin Pernyata mengatakan, organisasi GPMB adalah mitra dari Dinas Perpustakaan yang tidak melekat. Mempunyai visi, terciptanya masyarakat gemar membaca, belajar, berpengetahuaan cerdas dan berbudaya, berdaya saing tinggi serta bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“GPMD sendiri untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya membaca dan belajar seumur hidup. Juga sebagai wahana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa,” ucap Syafruddin

Lebih lanjut diakatan Syafruddin, program Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca secara terus menerus akan dilaksanakan diseluruh lapisan masyarakat dan menjalin kerjasama dengan semua pihak.

GPMB Kaltim, sambungnya, merupakan organisasi yang sudah berdiri sejak 2009 dan baru mempunyai 4 Cabang. Yakni, di Balikpapan, Samarinda, Bontang, dan Kutim.

“Salah satu tugas yang saya emban adalah memastikan semua Kabupaten/Kota terbentuk GPMB. Kutim ini adalah GPMB yang ke 9, saya berharap bulan depan sudah bisa di bentuk,” harapnya

Shofy Al Mufid salah seorang dari Komunitas Nasip Baik, menyambut baik renacana pembentukkan GPMB Kutim. Sebagai salah satu upaya untuk menumbuhkan minat baca kepada masyarakat.

“Ini salah satu bentuk sosialisasi ke kita sebagai komunitas minat baca, supaya gerakan gemar membaca ini bisa tersebar luas di Kutim,”tutupnya (G-S08/04)

Spread the love