Sangatta, G-Smart.id – Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah mengatakan, bahwa Kabupaten Kutim mempunyai keunikan yang luar biasa, yang jarang dimiliki oleh daerah lain. Meskipun ada, tetapi Kutim memiliki daerah pesisir yang cukup luas. Disisi lain, memiliki daerah daratan yang cukup luas, dua-duanya memiliki sumber daya yang besar, baik sumber daya laut sumber daya darat.

“Inilah salah satu sumber daya, yang seharusnya dan harus wajib untuk kita berdayakan sebesar-besarnya bagi masyarakat,” ucap Ardiansyah menyampaikan sambutannya, saat menghadiri pelantikan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Amanat Nasional (PAN), di Hotel Royal Victoria, Sangatta, Kabupaten Kutim.

Dalam rangka pemberdayaan Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki Kabupaten Kutim, maka sinergitas ketiga trias politika sangat penting, sambung Ardiansyah. Yakni, Eksekutif, Legislatif dan Yudikatif.

Lebih lanjut, Ardiansyah menyampaikan, sebentar lagi Kalimantan Timur akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN). Sehingga, semua daerah di Kaltim, wajib menyambutnya dengan persiapan, termasuk Kutim sebagai salah satu daerah penyangga bagi IKN baru nantinya. Kutai Timur termasuk daerah yang strategis.

“Dikaltim hanya ada dua daerah yang memiliki lautan. Yakni, Balikpapan dan Kutim. Bisa dikatakan penyangga terbesar, secara keamanan, ekonomi dan sosial,” tutur Ardiansyah.

Keamanan karena Kutim berada pada posisi Selat Makassar. Apabila kedepannya, memang sudah berdiri (IKN) di Provinsi Kalimantan Timur, kedepan Kutim wajib memiliki Radar. Karena Kutim termasuk daerah garda terdepan, untuk keamanan ibukota nanntinya.

“Sekali lagi saya katakan, tidak main-main Kutim berada di daerah penyangga yang cukup strategis. Ulangi lagi di bidang keamanan, ekonomi dan sosial. Maka, dari sekarang harus memsiapkan diri lebih awal,”ucap Ardiansyah.

Berikutnya, lanjut Ardiansyah sebagai penyangga di bidang ekonomi. Sebab Kutim berada pada posisi Alur Kepulauan Laut Indonesia (ALKI) II. (G-S04)

Spread the love