Sangatta – G-Smart.id – Makin meluasnya dan meningkatnya debit air akibat banjir yang melanda Kota Sangatta sejak Jumat (18/3/2022) hingga Sabtu (19/3/2022) yang belum menunjukkan adanya tanda-tanda akan surut menjadi ancaman tersendiri bagi keselamatan warga, tidak hanya arus sungai deras yang bisa menenggelamkan warga namun perlu diwaspadai adanya serangan buaya.

Seperti diketahui bersama sungai-sungai di Sangatta merupakan habitatnya buaya muara yang terkenal ganas. Dari pantauan di media sosial yang beredar di Instagram maupun Facebook terlihat hewan predator tersebut menampakan diri berkeliaran di dekat permukiman warga, tepatnya Rumah Sakit Pupuk Kaltim (RSPKT) Prima Sangatta di jalan Yos Sudarso I Sangatta Utara.

Mendengar hal tersebut, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan (Basarnas Kaltim) Melkianus Kotta mengatakan, daerah Sangatta memang paling rawan binatang buas yang memangsa warga ketika banjir melanda.

Ia pun telah menginstruksikan jajarannya untuk bersiaga dalam situasi ini. Dirinya juga meminta masyarakat segera menginformasikan kepada tim SAR bila melihat kemunculan binatang buas berkeliaran di area banjir atau pemukiman warga.

“Bagi masyarakat yang memang dianggap sudah aman menetap di situ upayakan jangan sampai bergeser ke mana-mana. Jadi faktor keamanan yang diutamakan, kita koordinasi dengan tim SAR, baik itu TNI-Polri yang ada di lapangan di sana apabila melihat ada ini (buaya) segera diinformasi,” ujarnya.

Sebagai informasi bagi warga yang melihat kemunculan buaya di area banjir bisa menghubungi Basarnas melalui nomor (0549)-25313. (G-S08)

Spread the love