Sangatta –  G-Smart.id – Sebagai pembina statistik, khususnya terkait data sektoral, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melakukan kunjungan ke Kantor Diskominfo Perstik Kutim untuk melakukan koordinasi terkait tindaklanjut Satu Data. Kamis (27/1/2022).

Kunjungan BPS Kutim dipimpin oleh Akhmad Junaidi, SE, M.Si selaku Kepala BPS Kutim didampingi Statistisi Ahli Muda Siswandi, SE, MM, Statistisi Ahli Pertama Ari Setyanto, SST dan Pelaksana BPS Ahmad Attaroqqi, S.Tr.Stat ini diterima langsung oleh Kepala Diskominfo Perstik Kutim Ery Mulyadi beserta jajaran di ruang kerjanya.

Usai pertemuan, Kepala BPS Kutim Akhmad Junaidi menyampaikan, BPS punya kewajiban melakukan pembinaan kepada OPD yang memiliki data sektoral, tujuannya agar instansi terkait bisa menyiapkannya dengan baik.

“Kebetulan Diskominfo adalah wali data yang menghimpun semua data-data yang ada, jadi tetap harus ada kolaborasi antara BPS dengan Diskominfo,” jelasnya.

Kepala BPS Kutim Akhmad Junaidi, SE, M.Si.

Oleh karena itu pihaknya akan melakukan pembinaan terhadap semua OPD atau instansi sektoral yang mempunyai penyediaan data supaya data bisa terhimpun.

“Tugas kami membina bagaimana penyiapan data, sehingga pengumpulan data bisa berjalan dan OPD bisa memahami bagaimana caranya agar data sektoral bisa disiapkan, karena semua ini untuk kebutuhan daerah dan nasional,” ujar Akhmad Junaidi.

Senada dengan hal tersebut, Kadis Kominfo Kutim Ery Mulyadi mengatakan kedatangan BPS Kutim dalam rangka untuk meningkatan kerjasama kedepannya, mengingat di pemerintah pusat yang menangani data statistik adalah BPS, sedangkan untuk di daerah yang menanganinya adalah Diskominfo.

“Oleh karena itu, kita akan meningkatkan kerjasama terutama dalam hal pengelolaan data-data statistik sektoral,” beber Ery.

Kadis Kominfo Perstik Kutim Ery Mulyadi

Ditambahkannya, selain pengelolaan data statistik sektoral juga meta data termasuk pemanfaatan data untuk memberikan rekomendasi dalam berbagai macam kebijakan, sehingga dalam mengambil kebijakan akan didasari dengan data-data up to date.

Terakhir, disampaikan Ery bahwa kerjasama yang sudah terjalin dengan BPS akan terus berlanjut terutama dalam hal pengelolaan data-data. (G-S02)

Spread the love