Muara Wahau – G-Smart.id – Upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah melalui sektor pariwisata, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Pariwisata terus mengembangkan potensi wisata yang ada di bumi Tuah Untung Banua, salah satunya wisata air terjun.

Air terjun Embang Lemun yang terletak di Desa Bea Nehas KM 65 Narkata Rimba Kecamatan Muara Wahau secara resmi diresmikan sebagai objek wisata oleh Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang, senin (28/3/2022).

Sebelum meresmikan air terjun, dilakukan ritual adat oleh Ledjie Be Leang Song Kepala Adat Wehea agar pelaksanaan acara peresmian berlangsung lancar sekaligus pemberikan gelar kehormatan dari masyarakat dayak Wehea. Wabup Kasmidi diberi gelar Hega Tung Ding Tlea yang artinya salah satu orang yang gagah, perwira dan jago untuk memimpin masyarakat.

Wabup Kasmidi Bulang dalam sambutannya menyampaikan, setelah peresmian air terjun Embung Lemun akan dilanjutkan dengan pemotretan dan pembuatan video dengan latar belakang air terjun oleh para model yang menggunakan batik wakaroros hasil desainer Lia Afif untuk dipamerkan di Fashion Show di Jakarta pada 13 April 2022 mendatang.

“Video yang diambil disini akan ditayangkan di acara tersebut sebagai bagian dari promosi wisata bahwa Kutai Timur memiliki keindahan alam, keanekaragaman, suku budaya namun tetap menghargai budaya lokal sebagai pemersatu,” ujar Kasmidi.

Dirinya menambahkan, objek-objek pariwisata yang ada di sekitar area perusahaan harus disterilkan karena merupakan bagian yang tidak boleh diganggu sehingga tinggal berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah untuk membangun fasilitasnya.

“Beberapa waktu yang lalu saya kesini jalan menuju air terjun masih becek, alhamdulillah sekarang susah dibuatkan anak tangga dan sudah enak kita lewati. Tahun ini insyaallah akan dibangunkan gazebonya sehingga bisa untuk transit dan rest area.

Untuk kedepannya, sambung Wabup, akses menuju air terjun Embung Lemun ini akan dikoordinasikan dengan perusahaan atau program-program CSR agar jalannya mudah diakses atau tidak becek.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata Kutim Nurullaah melaporkan tangga yang dibangun untuk menuju lokasi air terjun telah dibangun dan akan dibangun lagi fasilitas lainnya.

“Ini merupakan suatu komitmen Pemkab Kutim dalam rangka menjadikan objek wisata air terjun Embun Lemung ini sebagai keunggulan wisata di zona 3 (Muara Wahau, Kongbeng, Batu Ampar, Telen, Long Mesangat, Muara Bengkal), jadi ini yang perlu kita kembangkan selain wisata lain,” pungkas Nurullaah.

Kepala Dinas Pariwisata Kutim Nurullaah.

Dirinya berharap semuanya dapat menjaga dan mengembangkan wisata ini sehingga dapat betul-betul menjadi objek wisata unggulan Kutim, provinsi bahkan tingkat nasional hingga Internasional.

Acara peresmian ini turut dihadiri Anggota DPRD Kutim Arang Jau, Plt Camat Muara Wahau Marlianto, Kepala Adat Dayak Wehea, perwakilan perusahaan PT Sinar Mas, PT DSN serta undangan lainnya. (G-S02)

Spread the love