Sangatta, G-smart.id – Sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan atau keahlian para pencari kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigasi (Disnakertrans) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Balai Kerja Latihan Industri (BKLI) membuka pendaftaran pelatihan Mekanik Alat Berat. Pendaftaran telah dibuka sejak 21-26 Oktober 2021.

Untuk pelaksanaannya Disnakertrans Kutim Pelatihan menggandeng PT Auto Teknik Perkasa (ATP) yang bergerak di bidang teknik.

Kepala Disnakertrans Kutim Sudirman Latif membeberkan, pelatihan itu akan ada tiga kelas, yakni operator alat berat, las listrik dan mekanik alat ringan. Kemudian, ada tambahan dari PT Kaltim Prima Coal (KPC) membuka kelas mekanik alat berat.

Untuk pendaftaran yang dibuka, terang Sudirman, untuk umum (usia 18-25 tahun), Sekolah Menengah Atas (SMA), namun apabila ada yang lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) akan diupayakan.

“Sudah ada sekitar 250 orang yang mendaftar di BLKI, minggu depan akan mulai diseleksi,” terang Sudirman.

Dari yang mendaftar akan diseleksi, sebab dalam 1 kelas hanya 16 orang sesuai dengan jumlah alat masih terbatas.

“Namun bagi yang belum lolos seleksi akan menjadi cadangan pelatihan berikutnya. Mereka yang sudah mendaftar ini akan masuk data base BKLI Kutim. Kemudian akan dilatih secara bertahap, pada anggaran tahun berikutnya. Bahkan tahun depan itu, akan ditambah kelas mejahit dan tata boga,” ungkap Sudirman, belum lama ini.

Sudirman menambahkan, hal itu sebagai salah satu upaya Pemkab Kutim bekerjasama dengan pihak ketigas, guna membekali masyarakat Kutim (usia produktif), utama mereka yang belum memiliki ketrampilan. Sehingga memiliki ketrampilan yang dibutuhkan oleh perusahaan. (G-S04)