G-Smart.id – Sangatta – Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melaksanakan kegiatan sosialisasi Persiapan Asesmen Nasional Jenjang SMP tahun 2021. Kegiatan ini dilaksanakan per zona secara bertahap, untuk zona 1 terdiri dari SMP di Kecamatan Sangatta Selatan, Sangatta Utara, Rantau Pulung, Bengalon dan Teluk pandan dilaksanakan pada kamis 30 september 2021.

Sedangkan untuk daerah zona 3 terdiri dari SMP di Kecamatan Muara Wahau, Kongbeng dan Telen dilaksanakan jumat 1 oktober 2021. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kutim Syahrir, di Hotel MS Sangatta, Kamis, (30/09/2021).

Para peserta sosialisasi Persiapan Asesmen Nasional Jenjang SMP tahun 2021 adalah para Kepala Sekolah dan petugas yang menangani aspek teknis aplikasi pelaksanaan Asesmen Nasional atau disebut Proktor.

Disampaikan oleh Syahrir melalui Kabid Sekolah Menengah Ilham, kamis (30/09/2021) bahwa untuk tahun 2021 ini hanya diikuti oleh jenjang SMP kelas 8, namun tidak semua siswa kelas 8, hanya 45 siswa per sekolah yang dipilih secara acak.

“Jadi Asesmen Nasional ini siswa di ambil sample dari kelas 8 secara acak,” terang Ilham.

Ditambahkannya secara nasional asesmen akan dilaksanakan pada tanggal 4 dan 7 Oktober tahun 2021 dan sekarang objek Asesmen Nasional ini bukan hanya siswa tapi guru dan kepala sekolah juga menjadi objeknya.

Perlu diketahui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nadiem Makarim telah memutuskan untuk menghapuskan Ujian Nasional (UN) sebagai standar kelulusan. Sebagai gantinya Kemendikbud menerbitkan Asesmen Nasional (AN) sebagai standar kelulusan dan mulai berlaku tahun 2021. (G-S02).