G-Smart.id – Sangatta – Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar pelatihan Midwifery Update untuk 140 anggota yang tersebar di 23 IBI ranting di 18 kecamatan yang dibagi menjadi tiga angkatan (angkatan XVIII, XIX dan XX). Kegiatan dilaksanakan di Hotel Victoria Sangatta Utara, jumat (1/10/2021).

Kegiatan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 1-3 oktober 2021, acara secara resmi dibuka oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kutai Timur H Siti Robiah dan turut hadiri Ketua PC IBI Kutim Triana Nur, S,Tr,Keb.

Pelatihan Midwifery Update ini dilaksanakan untuk meningkatkan SDM para bidan terutama terkait dengan ilmu ilmu terbaru di lingkup kebidanan. Pelatihan ini wajib di ikuti oleh seluruh anggota bidan dan di update setiap 5 (Lima) tahun sesuai masa berlakunya STR.

Di Kutim pelatihan ini di laksanakan setiap tahun sesuai kebutuhan para bidan yang akan memperpanjang STR, walaupun pelatihan ini sempat tertunda beberapa kali karna adanya pandemi covid 19 dan baru kali ini dapat terlaksana.

Dihadapan para bidan, H Siti Robiah dalam sambutannya berharap agar PKK dan IBI selalu dan semakin bersinergi dalam membantu mewujudkan berbagai program Pemerintah termasuk penurunan angka stunting di Kutai Timur.

Ditempat yang sama, Ketua PC IBI Kutai Timur Bd.Triana Nur, S.Tr.Keb, salah satu narasumber menghimbau kepada semua peserta untuk bersungguh-sungguh belajar agar mengerti dan mampu menerapkan ilmu ilmu ter update dari semua pemateri.

Salah satu pemateri pelatihan Midwifery Update, Yuliana Kala Lembang saat memberikan materi

Samentara itu disampaikan juga oleh salah satu narasumber Yuliana Kala Lembang saat dikonfirmasi via WhatsApp, jumat (1/10/2021) bahwa dirinya berharap setelah pelatihan ini, para bidan mampu dan semakin kompeten.

“Dengan adanya pelatihan ini akan meningkatkan kompetensi para bidan dalam memberikan pelayanan kebidanan kepada masyarakat khususnya ibu hamil, ibu bersalin, ibu menyusui, bayi, balita, anak pra sekolah serta remaja putri,” ujar Yuliana.

Pelatihan ini merupakan salah satu syarat khusus untuk mensertifikasi Bidan dalam perpanjangan Surat Tanda Registrasi (STR) guna perpanjangan izin praktek.

Yang menjadi narasumber pada pelatihan ini dua orang pengurus daerah IBI Provinsi Kaltim, 1 orang dr.Sp.Og dan 1 orang dr.Sp.A. Sedangkan yang menjadi narasumber dari pengurus PC IBI kutim yang sebelumnya sudah mengikuti Training of Trainer (TOT) Midwifery Update (MU) adalahTriana Nur,S.Tr.Keb, Yuliana Kl, A.Md.Keb.SE.,MM, Muliati Lasidah, A.Md.Keb, SKM.,MAP dan Erniwaty, A.Md.Keb.(G-S02)