G-Smart.id – Sangatta – Truk terbesar di dunia dengan kapsitas muatan 360 ton merk Liebherr T282 seberat 237 ton akan dijadikan monumen tambang dan ikon kota Sangatta, rencananya truk ini akan ditempatkan di Bukit Pandang Sangatta.

Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang yang menjadi ketua tim ikon tambang Sangatta bersama manajemen PT Kaltim Prima Coal (KPC) dan Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) menyaksikan secara langsung pemisahan material truk terbesar di dunia tersebut di Assembly Area Tango Delta KPC, Selasa (18/01/2022).

Dikatakan oleh Yorden Ampun Manager External Relations PT KPC bahwa semua yang hadir adalah saksi sejarah dimulainya pembongkaran fisik truk yang akan dijadikan ikon tambang Sangatta.

“Ini adalah momentum yang bersejarah, walaupun melalui proses yang sangat panjang, akhirnya Pemerintah Kabupatan Kutai Timur (Kutim) memperoleh legalitas dan persetujuan dari pemerintah pusat.” ujarnya

Ditambahkannya, program ini merupakan dukungan PT KPC dalam upaya membantu pemerintah mendongkrak sektor pariwisata, dirinya berharap dengan terbangunya ikon tambang ini akan tersiar kedaerah daerah lainnya.

“Dengan demikian Kutim menjadi daerah pertama yang membangun ikon tambang yang ikonnya adalah alat berat asli,” beber Yorden.

Proses pemisahan Truk Liebherr T282 yang akan dijadikan Monumen Tambang di Bukit Pandang Sangatta.

Sementara itu Wabup Kutim Kasmidi Bulang tidak bisa menyembunyikan rasa haru dan bangganya saat menyaksikan langsung pembongkaran truk terbesar ini.

“Alhamdullilah, setelah kurang lebih empat tahun kita berjuang dengan berbagai proses, dan didasari dengan niat yang baik akhirnya kita bisa mempersembahkan alat ini di Kutim,” ucapnya bangga.

Dirinya berharap pemisahan Truk Liebherr T282 ini tidak mengalami kendala dan planningnya bisa tepat waktu, tak lupa Wabup Kutim ini mengucapkan  apresiasi dan terimakasih kepada semua tim yang terlibat sehingga dapat menghadirkan alat yang luar biasa ini.

“Yakin saja ini akan menjadi sejarah dan momen yang luar biasa bagi kita semua ketika alat ini berdiri megah ditengah pusat perkantoran Bukit Pelangi,” kata ia.

Truk Liebherr T282 ini akan dipisahkan satu persatu materialnya dan dibawa menggunakan lowboy menuju Bukit Pandang untuk dirakit kembali, diperkirakan bulan Maret mendatang Truck dengan kapsitas muatan 360 ton ini akan berdiri gagah di puncak tertinggi kota Sangatta.(*/G-S02)

Spread the love