Sangatta, G-Smart.id – Dalam rangka mendukung program pembangunan perkebunan sawit berkelanjutan di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Pemerintah Kabupaten Kutim melakaukan penandatangan Kesepakatan Bersama dengan Yayasan Hutan Tropis (YHT) tentang Pelaksanaan Program Pertumbuhan Ekonomi Hijau.

Kesepakatan bersama ditandatangi, Pemkab Kutim diteken oleh Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman dan pihak YHT oleh Ketua YHT Rauli Panjaitan, diruang Kerja Bupati, Rabu (3/11/2021).

Dalam kesempatan ini Bupati Ardiansyah menyambut baik program pembangunan perkebunan sawit berkelanjutan di Kabupaten Kutim. Serta meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk bisa bersinergi dengan YHT.

“Melalui program ini, tentunya kita berharap program pertumbuhan ekonomi hijau di Kutim dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan bagi masyarakat Kutim,” harapnya.

Sementara itu, Lanscape Manager Yayasan Hutan Tropis (earthworm foundation) Bahrun mengatakan, YTH fokus diarea Kalimantan Timur (Kaltim) diantaranya adalah Kabupaten Kutim, untuk mendukung visi dan misi Pemkab Kutim yaitu “Mewujudkan Daya Saing Ekonomi Masyarakat Berbasis Sektor Pertanian”.

“Fokus area di Kutim diawal ini, kita akan coba masuk ke Kecamatan Kaubun dan Karangan untuk program pembangunan berkelanjutannya. Salah satunya, terkait dengan pengembangan kawasan komoditas kakao dan untuk program-program lainnya dengan petani yang ada di Karangan maupun di Kaubun,” ungkap Bahrun.

Lebih lanjut ia berharap, perkebunan berkelanjutan bisa diimplementasikan sampai ke level peani dan bisa meningkatkan pendapatan masyarakat lokal. (G-S04)