G-Smartd.id-Samarinda – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim diketahui telah mengumumkan nama-nama terpilih dari para Badan Pengawas Independen dan Direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tahun 2021. Mereka yang kemudian akan memimpin 7 Perusahaan Daerah (Perusda) milik Pemprov Kaltim.

Pengumuman nama-nama itu tertuang dalam Surat Nomor: 539/289/EKO tentang Hasil Akhir Seleksi Calon Badan Pengawas Independen dan Direksi BUMD Provinsi Kaltim tahun 2021. Total ada 15 nama yang dipercaya sebagai Badan Pengawas Independen dan Direksi BUMD Pemprov Kaltim.

Mereka akan memimpin BUMD seperti PT Ketenagalistrikan Kaltim, PT Migas Mandiri Pratama Kaltim, PT Jamkrida Kaltim, Perusda Bara Kaltim Sejahtera (BKS), Perusda Melati Bhakti Satya (MBS), dan Perusda Sylva Kaltim Sejahtera (SKS).

Terkait hal itu, anggota Komisi II DPRD Kaltim Nidya Listiyono menyampaikan, pengumuman atas nama-nama yang terpilih memimpin Perusda Kaltim sudah lama dinantikan banyak pihak, bukan hanya DPRD. Melainkan juga masyarakat luas. Karena, dari tangan para direksi yang baru itu, masa depan uang rakyat juga dipertaruhkan.

“Tentunya, yang kita semua harapkan, bahwa direksi yang terpilih adalah orang-orang yang harus didasari dengan kapasitas dan kapabilitas. Yang memang mempunyai kemampuan dalam memajukan perusda. Supaya, perusda dapat ikut serta membangun geliat ekonomi di Kaltim, serta menyumbang PAD bagi APBD Kaltim,” katanya, Jumat (25/6/2021).

Dalam hal mereka-mereka yang terpilih sebagai direksi perusda atau BUMD, pria yang karib disapa Tyo ini, mengaku enggan memberikan komentar banyak atas hal itu. Karena, dia merasa, DPRD Kaltim dalam pelaksanaan seleksi pimpinan perusda tidak dilibatkan. Sehingga dirinya tidak begitu tahu bagaimana sepak terjang dari mereka yang diberikan kepercayaan tersebut oleh Gubernur Kaltim Isran Noor.

“Saya kira, kami tidak memiliki resistensi terhadap siapapun yang terpilih. Terlebih, Komisi II DPRD Kaltim memang tidak terlibat secara langsung saat proses seleksi calon direksi. Tugas kami segera, ada mengawasi mereka dan melakukan evaluasi. Makanya, dalam waktu dekat, para direksi terpilih akan segera kami panggil,” tuturnya. (ADV/G-S06)

Spread the love