G-Smart.id-Samarinda – Usulan Fraksi Partai Golkar untuk melakukan Pergantian Antarwaktu (PAW) Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK tampaknya terus berlanjut. Bahkan pada Selasa besok (6/7/2021), pimpinan DPRD Kaltim berencana akan mengadakan rapat pimpinan untuk membahas kelanjutan usulan PAW tersebut.

Wakil Ketua II DPRD Kaltim Seno Aji menyampaikan, saat ini ada 2 opsi atas PAW Makmur HAPK. Pertama, menunggu keluarnya keputusan dari sidang sengketa di Mahkamah Partai Golkar. Karena saat ini, lewat pengacaranya, Makmur HAPK tengah melakukan upaya banding atas pencopotan dirinya sebagai ketua DPRD Kaltim.

Kedua, dari sisi Fraksi Partai Golkar sendiri juga sudah melayangkan surat usulan PAW tersebut kepada kesekretariatan dan pimpinan DPRD Kaltim. Artinya, dari sisi dorongan partai lewat Fraksi Golkar, usulan PAW itu terus berjalan. Sehingga pimpinan DPRD Kaltim menurut Seno perlu mengambil keputusan lewat rapat pimpinan DPRD Kaltim.

“Saat ini Pak Makmur HAPK tengah melakukan proses banding di Mahkamah Partai Golkar mengenai penggantian dirinya oleh Hasanuddin Mas’ud. Itu berdasarkan surat yang dikirim kuasa hukum Pak Makmur HAPK ke DPRD Kaltim. Sehingga dewan pun menghargai hal itu,” kata Seno usai gelar rapat dengar pendapat (RDP) bersama perwakilan massa aksi yang berunjuk rasa di depan DPRD Kaltim, Senin (5/7/2021).

Untuk diketahui, pada Senin tadi, sejumlah massa aksi menggelar unjuk rasa di depan kantor DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Samarinda. Mereka menuntut agar pimpinan DPRD Kaltim segera memproses surat usulan PAW Fraksi Partai Golkar terhadap Makmur HAPK sebagai Ketua DPRD Kaltim.

Seno menambahkan, dari Fraksi Golkar yang berada di DPRD Kaltim pun diakui dia juga sudah meminta agar dewan segera melaksanakan proses PAW. Berdasarkan semua pertimbangan yang ada, maka pimpinan DPRD Kaltim telah menjadwalkan rapat pimpinan pada Selasa, 6 Juli 2021 besok. Nantinya apakah menunggu hasil sengketa di Mahkama Partau atau tetap memproses surat PAW yang ada.

“Pak Andi Harahap sebagai Ketua Fraksi Golkar juga telah menyetujui hal itu. Besok pagi kami akan melaksanakan rapat pimpinan terkait permasalahan pergantian ketua DPRD Kaltim,” paparnya. (ADV/G-S06)

Spread the love