Sangatta, G-Smart.id – Guna memberikan pembekalan terhadap pengurus Koperasi dan pelaku Usaha Kecil dan Menengah sebagai penerima BPUM 2021, Dinas Perindustian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kaltim menggelar Bimtek Penguatan Kelembagaan Koperasi Sektor Rill dan Manajemen Usaha di Hotel Royal Victoria Sangatta, Sabtu (30/10/2021).

Turut hadiri di acara pembukaan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kutim Suroto, Kabid Koperasi dan UKM Provinsi Kaltim Atikah, Kadis Koperasi UKM dan Ekonomi Kreatif Kutim Darsafani serta undangan lainnya.

Bimtek ini di ikuti 60 orang peserta yang dibagi menjadi dua kelas, masing-masing kelas diikuti 30 peserta dari perwakilan pengurus Koperasi dan 30 peserta dari perwakilan UMKM yang ada di Kutim.

Dalam sambutannya Asisten II Suroto menyampaikan kegiatan Bimtek ini tentunya akan memberikan dampak yang positif terhadap pengembangan usaha Koperasi di Kutim dan pelaku Usaha UMKM lainnya.

“Melalui pelatihan dan manajemen usaha ini, diharapkan pelaku usaha dapat meningkatkan produktivitas dengan meningkatkan keterampilan dalam proses produksi maupun peningkatan manajerial,” ujarnya.

Ditambahkannya melalui bimbingan teknis kelembagaan ini, pertumbuhan koperasi di Kutim diharapkan terus bisa berkembang. Terlebih di masa pandemi saat ini tentunya menjadi hal yang berat bagi pelaku usaha, baik koperasi maupun UMKM.

“Dengan peningkatan manajemen yang baik, diharapkan usaha koperasi maupun pelaku usaha kecil di daerah ini bisa terus berkembang. Inovasi dan inisiatif untuk menciptakan produk lokal yang bisa bersaing di pasaran, karena persaingan ekonomi semakin ketat,” ungkap Suroto.

Sementara itu Kadis Koperasi UKM dan Ekonomi Kreatif Kutim Darsafani mengatakan dengan visi ‘Menata Kutai Timur Sejahtera Untuk Semua’ berupaya mewujudkan hal tersebut dengan melakukan revitalisasi dan digitalisasi keberadaan koperasi dan UMKM di Kutim seperti yang tersirat dalam beberapa misi Bupati yakni mewujudkan daya saing ekonomi masyarakat. Dan mewujudkan pelayanan dasar bagi masyarakat secara professional dan merata.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Ekonomi Kreatif Kutim Darsafani

“Diharapkan dengan penguatan kelembagaan koperasi dan manajemen Usaha UMKM dapat meningkatkan usaha agar lebih maju,” beber Darsafani.

Seusai acara pembukaan Kabid Koperasi dan UKM Provinsi Kaltim Atikah mengatakan pihaknya melalui Bimtek ini berusaha agar pelaku koperasi maupun pelaku usaha UMKM dapat meningkat kompetensinya sesuai dengan perkembangan di era digital sehingga semuanya harus menyesuaikan dengan kondisi saat ini.

“Pelaku usaha harus siap dengan kondisi yang ada dan Kami (Disperindag Koperasi UKM Provinsi Kaltim) mempersiapkannya dengan melakukan Bimtek ini,” kata Atikah. (G-S02)