Berau – G-Smart.id – Anggota DPRD Kaltim Sutomo Jabir melakukan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Fasilitas Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika di jalan Padat Karya RT 8 Kelurahan Gunung Tabur Kabupaten Berau, minggu (03/04/22).

Dalam sosialisasi tersebut Sutomo Jabir didampingi Mu’fit Datussalam Ketua GP Ansor Kabupaten Berau dan HusriantaHusrianta sebagai narasumber. Turut hadir Ketua PAC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Gunung Tabur Aji Zubaer, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, serta ibu – ibu pengajian.

Sutomo Jabir yang juga ketua DPC PKB Kabupaten Berau ini diawal sambutannya menyampaikan tugas dan wewenang anggota DPRD Provinsi Kaltim salah satunya membuat Peraturan Daerah (Perda), penganggaran dan pengawasan.

Terkait Sospernya kali ini, Sutomo menyebutkan kalau tingkat penyalahgunaan narkotika di Kaltim sangat tinggi dan sangat memperihatinkan, bukan hanya di perkotaan tapi sudah sampai ke desa-desa

“Mudah-mudahan di Berau tidak separah dengan daerah-daerah lain, oleh karena itu perlu kita cegah dan antisipasi,” ajak Sutomo.

Menurutnya dampak narkoba ini sangat buruk karena bisa merusak generasi muda generasi sebagai penerus bangsa. Dalam peraturan ini diharapkan masyarakat memahami bahwa ada aturan yang membidangi narkoba.

“Bagi yang sudah terlanjur menggunakan narkoba, dalam aturan ini akan memfasilitasi bagaimana rehabilitasinya,” bebernya.

Peduli Generasi Muda, Sutomo Sosper Fasilitas Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika

Sementara itu Mu’fit Datussalam salah satu narasumber menyampaikan, saat ini narkoba tidak lagi bagian konsumsi elit tapi sudah merambah kepelosok kampung, artinya semua kalangan sudah bisa merasakannya.

Dirinya mengatakan, pencegahan bisa dikolaborasikan dengan banyak sistem termasuk bagaimana pembangunan iklim keluarga yang baik, apalagi anak muda sekarang ini banyak terbebani karena adanya keretakan rumah tangga, orang tua yang sibuk sehingga anak salah dalam pergaulan, juga ada yang terjebak situasi dan lingkungan.

“Untuk pencegahnnya, mari kita saling mengingatkan untuk agar menjauhi narkotika, termasuk di lingkup RT, Desa dan ketingkat atasnya. Kita semua harus berperan dalam penanggulangan narkoba,” pungkasnya. (G-S01).