G-Smart.id – Sangatta – Dalam rangka meningkatkan kinerja pegawai dalam melaksanakan Tugas Pokok dan Fungsinya sehari-hari dan menggingat selama ini pekerjaan masih banyak dilakukan secara manual dan belum terintegrasi dengan baik maka dibutuhkan suatu layanan aplikasi untuk mendukung hal tersebut.

Diinisiasi Ronny Bonar Hamonangan Siburian, SE,. M. A. P yang saat ini sedang mengikuti pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan III Tahun 2021 di KDOD LAN RI Samarinda selaku reformer dalam aksi perubahan, dirinya membuat aplikasi untuk menjawab permasalahan tersebut melalui Sistem Informasi Mandiri Internal Dinas (Si Informan ID)

Si Informan ID merupakan inovasi berbentuk aplikasi berbasis Web dan Mobile untuk mengukur kinerja pelayanan dilingkup Dinas, kelebihan aplikasi ini adalah dimanapun para pegawai melaksanakan pekerjaanya, baik di kantor maupun di luar kantor akan dapat diukur kinerjanya.

Bertempat di Ruang Live Room Diskominfo Perstik Kutim, Kamis (14/10/2021) siang, Inovasi proyek perubahan Ronny Bonar Hamonangan Siburian ini di launching di hadapan aparatur di Diskominfo Perstik dan dihadiri oleh pejabat struktural dan staff di Instansi tersebut.

Pelaksanaan Launching Si Informan ID, Kamis (14/10/2021) di Ruang Live Room Diskominfo Perstik Kutim

Disampaikan oleh Ronny, Si Informan ID diharapkan dapat membantu pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sehari-hari karena aplikasi ini telah disusun dan terintegrasi dengan eviden.

“Dengan menggunakan Si Informan ID ini akan diketahui kinerja para pegawai secara terukur karena ada bukti otentik dari hasil pekerjaan sehari-hari,” ungkap Ronny.

Ditambahkannya aplikasi ini dapat membantu atasan langsung untuk memonitor kinerja para bawahannya secara berjenjang dalam memberikan pelayanan.

“Dengan adanya Si Informan ID maka pada saat akhir tahun Pimpinan memiliki dasar atau gambaran dalam memberikan penilaian kinerja pegawai, karena ini sangat sistematis dan terukur,” bebernya.

Untuk masuk kedalam aplikasi ini sangat mudah, cukup ketik pa.erdata.id maka para pengguna tinggal memasukan ID yang telah di bagikan bagian Umum dan Kepegawaian kepada masing-masing pegawai maka mereka tinggal input apa output yang telah dikerjakan pada saat itu dan kinerja mereka akan di record secara otomatis.

Lebih jauh Ronny menjelaskan bahwa dengan adanya Si Informan ID tidak ada lagi kesenjangan antara pegawai yang rajin dan tidak rajin karena bagi pegawai yang tidak rajin akan dapat penilaian merah sehingga Pimpinan bisa memberikan teguran, begitu pun sebaliknya yang rajin akan keliatan kinerjanya sehingga akan menjadi motivasi untuk terus meningkatkan produktivitas kerjanya.

Terakhir Sekretaris Diskominfo Perstik ini berharap aplikasi ini bisa digunakan oleh instansi-instansi lain tidak hanya di Diskominfo karena aplikasi ini merupakan miniaturnya E-Kinerja.

“Ini miniaturnya E-Kinerja namun sifatnya lokalan, instansi lain pun bisa menggunakan aplikasi ini karena bisa dimanfaatkan untuk melakukan perhitungan TPP dan kebutuhan lainnya,” tutup Ronny. (G-S02)