KENDARI – Kota Kendari di Sulawesi Tenggara yang menjadi tempat berlangsungnya perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 kini mulai dipadati peserta. Aktivitas nampak terlihat dipusat kedatangan seperti Bandara Halu Oleo mulai memperlihatkan kepadatan penumpamg yang tiba sejak Sabtu kemarin. Diperkirakan hari ini, Minggu (06/02/2022) ledakan tamu dari berbagai daerah akan menghiasi wajah kota Kendari.

Sesungguhnya, Hari Pers Nasional di Kendari direncanakan tahun 2021. Namun, kondisi pandemic yang mengganas, sehingga HPN dilaksanakan di Jakarta dan ditunda pelaksaannnya tahun 2022 ini.

Sayangnya, HPN tahun ini Covid-19 varian Omicron akhir Januari melonjak tinggi. Data terakhir yang dihimpun carapandang.com, terdapat 4.414.483 dinyatakan positif di Indonesia dengan jumlah kematian sebesar 144.441. Kondisi ini membuat sejumlah agenda Presiden Jokowi batal. Terkonfirmasi dari Pengurus Pusat PWI bahwa kehadiran Presiden di HPN 2022 di Kendari hanya dilakukan secara during.

Kondisi ini tidak membuat animo peserta berkurang untuk hadir di Kendari. Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) yang tahun ini dinyatakan sah menjadi konstituen Dewan Pers melalui surat keputusan nomor : 15/SK-DP/I/2022 tertanggal 10 Januari 2022 akan menggelar HUT JMSI ke-2.

Ketua Panitia HUT JMSI ke-2, Khalid Zabidi menegaskan jika agenda HUT JMSI yang jatuh pada tanggal 8 Februari 2022 tetap berjalan sesuai agenda yang telah ditetapkan. Untuk agenda HUT sendiri akan diadakan seminar nasional dengan tema “Mengarusutamakan Media Siber sebagai Pengawal Agenda Strategis Nasional dari Antikorupsi hingga Transformasi Energi” akan menghadirkan sejumlah pembicara diantaranya Ketua KPK RI, Firli Bahuri, Menteri KKP, Wahyu Sakti Trenggono, Ketua Umum HIPMI, Mardani H. Maming dan sejumlah pembicara lokal lainnya.

Hingga minggu pagi ini, tercatat 25 Pengda hadir secara fisik di Kendari. Peserta sebagian besar menggunakan transportasi pesawat, sementara yang ada di daratan Sulawesi banyak yang menggunakan kendaraan mobil.

“Kita berharap, agenda yang sudah disusun pada HUT JMSI tahun ini akan terlaksana dengan baik, apalagi nuansa HUT kali ini diselaraskan dengan syukuran JMSI menjadi konstituen Dewan Pers,” tegas Khalid.

Sementara itu, Sekjen JMSI yang sudah ada lebih awal di Kota Kendari merasa bangga atas kerja keras panitia pusat dan daerah yang begitu kompak dalam mempersiapkan agenda HUT dan HPN 2022.

“Ini kerja keras dan kerja cerdas dari kita semua yang bersama-sama membangun JMSI dari awal hingga kedepan nanti,” ungkap Sekjen Mahmud ketika berada di hotel Plaza Kubra Kota Kendari.(*”)

Spread the love