Sangatta, G-Smart.id – Jelang peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember 2021, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kutai Timur (Kutim) melakukan kegiatan senam sehat, kerja bakti lingkungan dan pemberian tali asih kepada ibu-ibu penyapu jalanan dari UPT KKP dan pelapak di STQ Taman Bersemi, jumat (17/12/2021) pagi.

Organisasi Wanita yang tergabung di GOW yang terlibat dalam kegiatan tersebut ialah Persit Kodim 0909/KTM, Bhayangkari Polres Kutim, Periska, Kompak, Perwira, Bunda-bunda Kreatif Sangatta Selatan, WKRI, WHDI dan lainnya. Selain anggota GOW turut hadir dari Kecamatan Sangatta Utara, Puskesmas Sangatta Utara, UPT KKP, Bank Sampah Gemilang dan para pelapak STQ.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan senam bersama oleh semua peserta yang hadir kemudian di lanjutkan dengan membersihkan sampah-sampah di areal lapangan STQ dan pemberian tali asih berupa sembako kepada ibu-ibu penyapu jalanan dan beberapa pelapak STQ Taman Bersemi.

Saat kegiatan berlangsung, Ketua GOW Kutim Hj Tirah Satriani, SE MM menyampaikan dalam rangka peringatan Hari Ibu tahun 2021, GOW Kutim melaksanakan bakti sosial dengan melakukan bersih-bersih di area STQ, selain itu dirinya juga mengundang pelapak yang berjualan di STQ untuk dapat memberikan motivasi agar mereka selalu mengutamakan kebersihan.

“Walaupun tidak ada teman-teman dari bank sampah ataupun dari GOW atau tukang bersih-bersih, otomatis mereka (pelapak STQ) harus membersihkan tempatnya, kalau sudah bersih maka pengunjung akan merasa enak,” ujarnya.

Selain itu istri dari Wakil Bupati Kutim ini mengatakan dirinya sengaja mengundang ibu-ibu pembersih jalanan dalam menyambut peringatan Hari Ibu untuk memberikan penghargaan berupa tali asih.

“Hari ini kami memberikan sedikit penghargaan, walaupun tidak terlalu besar tapi inilah kepedulian kami karena setiap hari ibu-ibu penyapu jalanan bekerja untuk membersihkan lingkungan kita,” kata Tirah.

Ditambahkannya selain rangkaian kegiatan hari ini, rencananya besok (18/12/2021) akan dilakukan kunjungan ke Panti Lansia dan dipuncak peringatan Hari Ibu tanggal 22 Desember 2021 akan dilaksanakan penanaman pohon hias di jalan Kenyamukan.

“Semua 25 anggota GOW akan terlibat diacara tersebut, mohon doanya agar semuanya berjalan lancar,” harapnya.

Masih ditempat acara, Camat Sangatta Utara Hasdiah saat ditemui menyampaikan ucapan terimakasih kepada GOW dengan melakukan kegiatan bersih-bersih di lingkungan STQ, ditambahkannya kegiatan ini juga bertepatan dengan kegiatan gerakan jumat bersih Kecamatan Sangatta Utara.

“Alhamdullilah, dengan titik yang sama jadi kita bisa berbagi area yang dibersihkan. Yang di dalam STQ dari GOW, kami yang diluar untuk normalisasi drainase,” jelas Hasdiah.

Dirinya mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti kegiatan bersih-bersih ini dengan pengurus BUMDES, karena ini ada yang mengelola jadi pihaknya akan mengkoordinasikan dan mengawasinya.

“Karena tempat ini adalah salah satu ikon Kutim dan juga berada di samping kantor Kecamatan,” tutup Hasdiah. (G-S02)

Spread the love