Samarinda – G-Smart.id – Senin (7/2/2022) malam dilakukan Penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dengan PT Pelabuhan Indonesian (Pelindo) tentang rencana kerjasama pengembangan dan pemanfaatan pelabuhan sangatta. Penandatanganan berlangsung di Ruang Sungai Pinang Hotel Bumi Senyiur Samarinda.

Penandatanganan kerjasama ini bertujuan untuk proses rencana pembangunan pelabuhan dalam meningkatkan perekonomian di Kutim.

Dalam sambutannya, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyampaikan penandatanganan kerjasama ini merupakan tindaklanjut pertemuan sebelumnya dengan PT Pelindo. Harapannya Pelindo bisa masuk dalam program Pemkab Kutim untuk mengoperasikan pelabuhan kenyamukan.

“Insyaallah dampaknya nanti akan luar biasa dari sisi multiplayer effectnya bagi masyarakat Kutim. Dampak utamanya tidak lain adalah dari sisi ekonomi,” ujar Ardiansyah.

Dirinya berharap dengan beroperasinya pelabuhan kenyamukan bisa memberikan kontribusi buat Kutim, selain itu dirinya meyakini, nantinya di wilayah kenyamukan akan menjadi daerah pertumbuhan baru yang luar biasa kalau sudah beroperasi, apalagi Pelindo memiliki kapasitas, capability dalam pengoperasian dan daya dukung.

Bupati Kutim ini meminta Dinas Perhubungan untuk terus berkomunikasi dengan Pelindo untuk memberikan daya dukungnya, mengingat Kaltim akan menjadi ibukota nusantara dan Kutim merupakan salah satu daerah penyangga yang strategis pada sisi timur.

“Saya berharap setelah MOU ini, OPD terkait seperti Dinas Perhubungan, Dinas Koperasi UMKM dan Dinas Perdagangan harus segera melakukan kerjasama untuk tindaklanjut MOU ini,” pesannya Ardiansyah.

Terakhir dirinya ingin pertemuan ini sebagai starting point dalam menyiapkan beroperasinya pelabuhan kenyamukan.

Sebelumnya, General Manajer PT Pelindo IV Jusuf Junus mengatakan kedalaman laut di Pelabuhan Kenyamukan mencapai 9,5 meter. Dibandingkan dengan pelabuhan Bontang kurang dari 6 meter, bahkan di Samarinda kurang 5 meter , begitu juga di Pelabuhan Nunukan dan Tarakan.

“Saya apresiasi kedalaman laut di Pelabuhan Kenyamukan Kutim. Ini menjadi momentum Pelindo bisa berkolaborasi bersama Pemkab Kutim untuk mempercepat beroperasinya Pelabuhan Kenyamukan,” ujarnya

Dirinya mengatakan kutim memiliki prospek yang sangat baik, namun Pelindo tidak hanya melihat sisi keuntungan tapi bagaimana Pelindo bisa membangun Kutim, salah satunya agar infrastruktur pelabuhan kenyamukan segera dibangun.

Penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemkan Kutim dengan PT Pelindo ini turut disaksikan Wabup Kutim Kasmidi Bulang, Plh Sekda Suroto, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kutim Rizali Hadi, Kabag Kerja Sama Setkab Kutim Ardianto dan undangan lainnya.(G-S02)

Spread the love