SAMARINDA- Dewan Pengurus Daerah Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPD-HKTI) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Musyawarah Provinsi (Musprov) dengan agenda pemilihan Ketua periode 2022-2017. Musprov digelar Rabu, (29/06/2022) di Kartanegara RoomHotel Senyiur Samarinda.

Wakil Bupati Kutai Timur (Kutim) turut hadir dalam Musprov sekaligus menjadi Calon Ketua DPD HKTI Kaltim. Selain itu turut hadir Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kaltim Munawar, Perwakilan Pengurus DPP HKTI Pusat, Pengurus HKTI Provinsi Kaltim dan DPD HKTI Kabupaten/Kota se Kaltim.

Musprov DPD HKTI Provinsi Kaltim tersebut dibuka oleh Ketua Bidang Organisasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) HKTI, Julia Putri Noor mewakili Ketua Umum DPP HKTI Pusat, Jendral TNI (Purn) DR. Muldoko. S. IP

Ketua Bidang Organisasi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) HKTI, Julia Putri Noor.

Julia Putri Noor, dalam sambutannya mengatakan HKTI lahir sejak tahun 1973 dan HKTI bukan sekedar organisasi atau paguyuban semata, namun lebih kepada bagaimana bisa menyempurnakan fungsi dari pada petani itu sendiri.

“Artinya bagaimana petani tidak sekedar menjadi pekerjaan untuk hasil utama rumah tangga tapi khususnya lebih kepada peningkatkan pembangunan pemerintah. Dengan kita dukung untuk bisa meningkatkan para petani dalam hal peningkatan kedaulatan pangan maupun kedaulatan hasil tani lainnya,” ucap Julia.

Julia menambahkan, HKTI Kaltim juga dapat menyampaikan aspirasi yang terkait dengan persoalan-persoalan pertanian di Kaltim. Selain itu dirinya berharap ada kolaborasi Perangkat Daerah yang terkait, khususnya untuk bidang pertanian sangat diperlukan.

“Sehingga bukan cuma membangun hasil tani tapi elastisitas dengan Perangkat Daerah lainnya itu akan segera di kolaborasikan sejak hadirnya DPD HKTI Kaltim ini,” kata ia.

Selain itu Julia mengharapkan para pengusaha-pengusaha juga dapat ikut terlibat dan mendukung agar pertanian di Kaltim tidak sekedar hanya hasil, akan tetapi kebutuhan-kebutuhan terkait dengan industri pertanian dapat dibangun di Kaltim.

“Mewakili Pimpinan Pusat kami berharap Musprov ini menghasilkan keputusan-keputusan bermanfaat untuk DPD HKTI Kaltim. Untuk Pimpinan yang nanti akan terpilih agar bisa memberikan hawa baru, nuansa baru dan harapan baru ke depannya, sehingga petani-petani yang ada di Kaltim bisa semakin maju,” pungkasnya. (G-S02)