G-Smart.id – Samarinda – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar vaksinasi massal di Kota Samarinda, dalam rangka mendukung upaya percepatan vaksinasi nasional. Kegiatan berlangsung di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Samarinda, Jalan Pelita, Sungai Pinang Dalam, Jumat (17/9/2021).

Vaksinasi yang ditujukan bagi mitra deradikalisasi dan masyarakat umum tersebut dihadiri dan ditinjau langsung oleh Sekretaris Utama BNPT, Mayjend Untung Budiharto dan didampingi oleh Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, dan Deradikalisasi, Mayjend Hendri Paruhuman Lubis, Direktur Deradikalisasi, Prof Irfan Idris, serta Kepala Labkes Samarinda, Kamil.

Kepada awak media, Untung mengungkapkan bahwa vaksinasi berjalan dengan lancar. Tujuan BNPT menggelar program tersebut demi membantu pemerintah untuk menyukseskan terpenuhinya vaksinasi bagi masyarakat luas. Sehingga target-target yang dicanangkan pemerintah bisa tercapai.

“Persiapan sudah dilaksanakan Dinas Kesehatan (Dinkes). Kami bekerja sama dengan Dinkes Kaltim untuk memberikan akses bagi mitra BNPT yang ada di Kaltim. Jadi mereka bisa mendapat vaksin dan hari ini kami gelar bersama,” ujar Untung.

Vaksinasi digelar agar para masyarakat, penyintas, mitra yang di bawah binaan BNPT bisa mendapat akses vaksin di pemerintah daerah. Ke depan, pihaknya memiliki target untuk menyambangi daerah-daerah yang turut menjadi binaan BNPT demi melaksanakan kegiatan serupa. Sebelumnya, BNPT sudah mengunjungi Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, dan Kalimantan Timur.

“Hari ini ada 100 dosis bagi masyarakat untuk menerima vaksinasi. Bukan hanya mitra BNPT, tapi masyarakat pun dilibatkan. Sesuai dengan program yang dicanangkan Pemprov Kaltim,” lanjut Untung.

Terkait pemberian dosis kedua juga tak akan jauh berbeda dengan pemberian dosis pertama. Nantinya akan kembali berkoordinasi dengan Pemprov Kaltim. Alasan memberikan akses vaksin pada para mitra, juga karena terkadang mereka kesulitan.

“Banyak mantan-mantan napiter itu tidak diterima masyarakat dan sebagainya. Kami menjamin dan memberikan fasilitas agar mereka mendapat akses untuk vaksin,” beber Untung lagi.

Kegiatan seperti ini juga sekaligus meminimalisasi narasi-narasi negatif tentang vaksinasi. Namun, hari ini BNPT memberikan komitmen dan menunjukkan bahwa mitra BNPT juga mau melakukan vaksinasi.

Sofyan Hadi, salah satu mitra deradikalisasi di Samarinda juga sangat antusias untuk mengikuti vaksinasi yang digelar BNPT. Program ini juga jadi dukungan untuk mitra deradikalisasi, penyintas, dan masyarakat untuk dapatkan akses vaksinasi. Bagi Sofyan, program ini adalah bentuk nyata dari kontra narasi atau hoaks terkait vaksin yang beredar luas.

“Kami meyakinkan pada kawan-kawan semua untuk siap vaksin. Sebab ini sebagai salah satu dukungan kami dan kembalinya kami ke NKRI untuk program-program pemerintah,” ucap Sofyan sembari menutup. (G-S01)

Spread the love