G-Smart.id – Sangatta – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan kemudahan dalam menikmati pelayanan JKN atau KIS Digital. Masyarakat dan peserta BPJS Kesehatan hanya perlu mengakses JKN Mobile melalui ponsel saja yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja.

Apalagi dimasa pandemi Covid-19 ini di Kutai Timur (Kutim) masih dilakukan Pemberlakuaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 Corona Virus Disease 2019 sehingga Aplikasi Mobile JKN ini dapat memenuhi kebutuhan peserta BPJS Kesehatan tanpa harus datang ke kantor cabang terdekat.

Kepala BPJS Kesehatan Kutim, Ika Irawati mengatakan, di masa pandemi saat ini diharapkan adanya pengendalian penyebaran virus Covid 19. Oleh karena itu pihaknya berusaha memberikan informasi secara massive terkait pelayanan tanpa tatap muka, sehingga peserta tidak kehilangan cara untuk mengakses pelayanan administrasi di kantor BPJS Kesehatan.

“Salah satu caranya di pelayanan tanpa tatap muka ini dengan mengunakan mobile JKN,” jelas Ika Irawati via WhatsApp, jumat (17/09/2021).

Ditambahkannya di Kutim ini selain karena Pandemi Covid 19, akses jarak, demografis dan geografisnya yang luas maka diharapkan masyarakat yang ada di Kecamatan-kecamatan untuk dapat mengakses pelayanan BPJS Kesehatan tanpa harus datang ke kantor BPJS di Sangatta.

“Ini adalah terobosan-terobosan dari Kami (BPJS Kesehatan), seiring adanya Pandemi membuat terbitnya inovasi ini dan diharapkan masyarakat yang ada di seluruh wilayah Kutim memanfaatkan inovasi ini,” ajaknya

Lebih jauh dijelaskan aplikasi ini dapat mempermudah urusan akses pelayanan kesehatan secara praktis hanya dalam genggaman dan dirinya mengharapkan masyarakat Kutim untuk mendownload dan meregestrasi Aplikasi Mobile JKN ini.

Untuk diketahui, selain melalui Mobile JKN, peserta JKN-KIS juga dapat mengakses layanan JKN-KIS lewat BPJS Kesehatan Care Center 1500 400, Chat Assistant JKN (Chika), Voice Interactive JKN (Vika), hingga media sosial resmi BPJS Kesehatan Kesehatan serta Pandawa (Pelayanan Administrasi menggunakan WhatsApp) untuk kantor Cabang Samarinda nomor Pandawa 081231368121.

Aplikasi JKN Mobile ini dapat diunduh melalui aplikasi Play Store dan App Store. Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka Google Play Store atau App Store.

2. Ketik kata kunci “Mobile JKN” lalu install aplikasi Mobile JKN.

3. Setelah terinstall, klik menu Pendaftaran Pengguna Mobile. Untuk masuk peserta yang sudah terdaftar dalam Program JKN-KIS Dan akan melakukan registrasi aplikasi JKN-KIS.

4. Masukan data identitas sesuai NIK/Nomor Marty BPJS Kesehatan, kemudian masukan nomor handphone yang digunakan dan lakukan verifikasi data dengan kode yang diterima melalui SMS OTP. Selanjutnya masukan password dan masukan konfirmasi password.

5. Setelah berhasil akan muncul notifikasi data Bapak/Ibu berhasil didaftarkan dan kembali ketampilan awal aplikasi.

6. Untuk masukan ke halaman utama aplikasi Mobile JKN cukup memasukan NIK stay Nomor kartu BPJS Kesehatan/Kartu JKN-KIS kemudian isi password dan captcha sesuai gambar.

7. Klik “Sign in” dan selamat Bapak/Ibu telah berhasil masuk ke aplikasi Mobile JKN.

Cara di tersebut dapat di akses kapan saja dan dimana saja hanya melalui ponsel dengan koneksi internet. (G-S02)

Spread the love