Sangatta – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dibawah kepemimpinan Ardiansyah Sulaiman – Kasmidi Bulang (ASKB) menggelar Ekspose hasil pembangunan selama 1 (Satu) tahun di Ruang Meranti Kantor Bupati, rabu (2/3/2022).

Dalam Ekspose ini disajikan data secara mendetail pembangunan yang telah dicapai selama kepemimpinan ASKB sehingga masyarakat bisa mengetahui capaian dan progress yang telah dilaksanakan.

Dalam paparannya yang ditampilkan melalui slide di layar ruang Meranti serta live di YouTube dan Facebook Diskominfo Kutim, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman didampingi Wabup Kasmidi Bulang menyampaikan, dalam program prioritas tahun 2021 dibidang infrastruktur yang telah dilaksanakan, yaitu panjang jalan Kabupaten yang dipelihara sepanjang 26,4 Km, panjang jalan Kabupaten yang di tingkatkan (Hotmix) sepanjang 7,61 Km.

“Sedangkan panjang jalan permukiman yang diseminisasi sepanjang 8.420 meter, panjang jalan permukiman dilakukan penimbunan sepanjang 3.570 meter dan panjang drainase permukiman yang dibangun sepanjang 579 meter,” bebernya dalam paparan

Kemudian ditampilakan juga dalam slide yang telah dilaksanakan berupa normalisasi sungai pada badan sungai Majai, pembangunan embung desa di 5 Desa, pembangunan sumur air tanah untuk air baku di 5 Desa dan pembangunan jaringan irigasi permukaan sebanyak 2 buah.

Untuk sarana penyediaan air bersih dan perkotaan yaitu perluasan jaringan PDAM perkotaan sebanyak dua lokasi dan pembangunan serta perluasan jaringan air bersih pedesaan sebanyak 5 Desa.

“Tugas pemerintah memberikan fasilitas pembangunan, namun tetap disesuaikan dengan porsi kemampuan daerah dalam APBD Kutim,” ujarnya.

Ardiansyah menambahkan, ke depan Kutim akan mendapatkan dana bantuan dari APBN setelah sebelumnya berkoordinasi dengan Komisi V DPR RI dan BPJN. Terkait perbaikan kualitas jalan Trans Kalimantan dari Kutim menuju Berau melalui pendanaan program multiyears hingga 2024. (G-S02)

Spread the love