Muara Wahau- Tempat ibadah Goa Maria di Kecamatan Muara Wahau yang baru diremikan, Sabtu, (29/11/2021) oleh Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman semakin menambah destinasi wisata yang layak di kunjungi. Tempat ini bisa menjadi pilihan saat pengunjung ingin melakukan wisata rohani.

Goa ini memiliki potensi yang besar untuk menarik wisatawan rohani, oleh karena itu menurut Kepala Dinas Pariwisata Kutim Nurullah yang ditemui usai menghadiri persemian Goa Maria, pihaknya akan segera menyusun perencanaan dasar sebagai salah satu daya dukung obyek wisata rohani khusunya bagi umat Katolik.

“Kami (Dispar) akan segera membangun fasilitas pendukung, baik akses menuju lokasi Goa, maupun fasilitas lain yang belum tersedia,” ujarnya.

Selain itu pihaknya akan terus mengoptimalkan dalam mempromosikan tempat ini, sehingga akan memiliki daya tarik tersendiri, mengingat destinasi wisata religi masih relatif sedikit di Kalimantan Timur khususnya Kutai Timur.

“Ini mempunyai potensi yang sangat luar biasa, Kita akan mencoba menjadikan wisata religi ini menjadi salah satu agenda rutin Kabupaten,” kata ia.

Menurutnya, lokasi wisata yang terletak diantara Kecamatan Muara Wahau dan Kongbeng ini merupakan kombinasi yang cukup baik untuk menarik wisatawan berkunjung,  selain wisata rohani pengunjung akan di suguhkan wisata batu karst alami, ditambah masih banyaknya tanaman atau pohon endemi pulau Kalimantan yang masih terjaga dan terawat dengan baik.

“Goa Kongbeng juga mempunyai nilai sejarah yang cukup panjang bagi Kalimantan Timur, khususnya pada masa Kerajaan Kutai, ini yang perlu terus kita jaga dan lestarikan,” tutupnya. (G-S08)