Sangatta – G-Smart.id – Kegiatan dwi mingguan Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman pada saat weekend bersama dengan masyarakat dan komunitas Roda Tiga Sangatta(3R) dengan melakukan bersih-bersih lingkungan melalui Program Grebek RT rutin dilaksanakan.

Kali ini, Minggu (6/3/2022) pagi, Grebek RT menyasar Gang Seroni di jalan Yos Sudarso I, Ardiansyah bersama warga bergotong royong membersihkan lingkungan dan membersihkan parit di wilayah tersebut.

Nampak orang nomor satu Kutim ini tanpa canggung langsung terjun bersama-sama masyarakat untuk membersihkan sampah yang menumpuk dan endapan lumpur di parit yang panjangnya kurang lebih 500 meter.

“Ini merupakan kegiatan rutin (Grebek RT) yang kita laksanakan dua minggu sekali,yang melibatkan komunitas dan masyarakat,” ujar Ardiansyah di tempat itu.

Banyaknya endapan lumpur didalam parit dan akan kesulitan apabila dikerjakan secara manual, apalagi mengingat daerah tersebut menjadi langganan banjir saat hujan dengan intensitas tinggi maka Bupati Kutim ini mengatakan akan segera mengintruksikan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) untuk segera menerjunkan alat yang bisa mengeruk lumpur tersebut.

“Nanti kita juga akan bangun turap untuk menahan parit,”ujarnya.

Selain itu Ardiansyah memberikan apreasi karena masyarakat di Gang Seroni memiliki kesadaran dengan melakukan kerja bakti secara rutin untuk menjaga kebersihan. Dirinya meminta masyarakat mampu mengolah sampah yang berasal dari rumah tangga agar bisa diolah kembali menjadi sesuatu yang bermanfaat.

“Disini (Gang Seroni) akan di latih ibu-ibunya untuk membuat Bank Sampah, oleh Komunitas 3R,” kata ia.

Sebelumnya Suryadi RT setempat mengatakan, awalnya parit kedalamannya 3 meter dan lebar 3 meter, namun kini ukuran mulai menyempit karena turapnya jebol.

Ditambahkannya, warga juga memerlukan tempat penampungan sampah disetiap rumah, agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan. (G-S08)

Spread the love