G-Smart.id – Sangatta – Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Kaltim Prima Coal (KPC) membangun Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) di RT 37 Kelurahan Teluk Lingga Sangatta Utara. Hal ini merupakan wujud komitmen PT. KPC dalam bidang kesehatan serta untuk mempermudah akses terhadap fasilitas kesehatan bagi masyarakat di wilayah sekitarnya.

Impian warga RT. 37 Kelurahan Teluk Lingga untuk memiliki gedung Posyandu, nampaknya akan segera terwujud. Minggu (19/09/2021) telah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan Posyandu oleh Bupati Kutai Timur (Kutim) Drs H. Ardiansyah Sulaiman. Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kutim Dr H. Kasmidi Bulang, ST, MM, Superintendent Community Health and Education (CHE) KPC Febriana Kurniasari serta tokoh masyarakat RT 37.

Superintendent CHE Febriana Kurniasari mengatakan PT. KPC telah membangun puluhan Posyandu di wilayah Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Bengalon dan Rantau Pulung. Posyandu merupakan salah satu Program CSR KPC dalam bidang Kesehatan Masyarakat.

“Posyandu Bersinar Ceria akan menghabiskan anggaran sebesar 230 juta lebih. Bangunan Posyandu berlokasi di Gang Mansyah 3, RT. 37 itu, memiliki dimensi panjang 10,5 meter dan lebar 7 meter,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini Bupati Kutim H. Ardiansyah Sulaiman menyampaikan bahwa 90 persen pembiayaan pembangunan Posyandu Bersinar Ceria berasal dari CSR PT. KPC, sementara 10 persen lainnya dari swadaya dari masyarakat.

“Diharapkan pengerjaan bangunan Posyandu bisa cepat diselesaikan dalam waktu tiga bulan kedepan, agar bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujar Ardiansyah.

Lokasi pembangunan Posyandu Bersinar Ceria di RT. 37 Teluk Lingga.

Terkait telah dibangunnya posyandu di RT. 37, salah satu pengurus Posyandu Bersinar Ceria Sumirah merasa sangat senang, dirinya mengatakan selama ini pelayanan kesehatan di RT 37 agak terhambat, karena harus pergi ke RT lainnya atau ke Puskesmas terdekat. Sementara pada sisi lain, anak-anak dan Ibu-ibu yang masih membutuhkan pelayanan Posyandu di RT 37 cukup banyak.

“Selama ini kami harus antri untuk mendapatkan pelayanan kesehatan karena harus ke RT lain atau Puskesmas. Karena itu Posyandu ini sangat penting bagi kami,” ungkap Sumirah.

Dirinya menambahkan, oleh sebab itu pihaknya mengajukan permohonan ke KPC untuk dibangunkan posyandu dan disetujui.

“Kami ucapkan terima kasih kepada KPC atas responnya membangun Posyandu ini,” ucap Sumirah bahagia. (*)

Spread the love