G-Smart.id – Samarinda – Forum Pemred Kaltim menggelar diskusi secara virtual dengan tajuk “Angka Terpapar Covid 19 Makin Ganas, Tingkat Disiplin Rendah?”, jumat (23/07/2021) malam.

Anggota DPRD prov kaltim Sutomo Jabir menjadi salah satu narasumber di acara ini untuk memberikan masukan bagaimana penanganan Pemprov Kaltim dan Kabupaten/Kota terkait Covid 19 ini.

Sutomo Jabir yang juga politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam acara diskusi virtual ini menjelaskan bahwa lonjakan covid akhir-akhir ini sangat memprihatinkan dan solusi terbaik adalah mempercepat vaksinasi ke seluruh masyarakat kaltim yang berjumlah sekitar 3,7 juta jiwa.

“Percepat vaksinasi karena ini akan mengurangi dampak jika tertular karena sudah miliki kekebalan tubuh,” ujarnya.

Tomo sapaan akrabnya menjelaskan jika tenggang waktu vaksinasi terlalu lama malah akan sangat berbahaya. Sebagian kecil masyarakat yang sudah divaksin tentu telah memiliki kekebalan tubuh. Namun bisa jadi bila terjangkit corona sudah tidak terlihat gejala berat tapi berpotensi menjadi OTG dan menularkan kepada orang lain yang belum vaksin.

“Makanya penting percepat vaksinasi bagi yang belum,” himbau Sutomo

Karena melihat pentingnya hal tersebut dirinya mengatakan DPRD secara kelembagaan telah bersurat kepada Satgas Provinsi dan satgas Nasional di Jakarta pada tanggal 16 Juli 2021 lalu untuk mempercepat penyediaan vaksin di semua kelompok umur di Provinsi Kalimantan Timur. (ADV/G-S01)