G-Smart.id-Samarinda – Keinginan DPRD dan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) untuk membangun sebuah universitas di daerah itu, disambut positif DPRD Kaltim. Apalagi, wacana pembangunan perguruan tinggi tersebut dalam rangka untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) agar dapar bersaing dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kaltim.

Ketua Komisi II DPRD PPU Wakidi yang hadir pada pertemuan dengan Komisi IV DPRD Kaltim, Senin (7/6/2021) kemarin, menyampaikan ada sejumlah alasan kuat mengapa perguruan tinggi di PPU harus dibangun.

Alasan pertama, untuk memastikan keberlanjutan pendidikan di PPU, terutama pelajar tamatan SMA yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Mengingat, banyak lulusan SMA di PPU yang memutuskan tidak melanjutkan bekerja lantaran tidak adanya perguruan tinggi di wilayah itu.

“Kedua, tujuan pembangunan Universitas Islam di PPU, sejalan dengan rencana pemindahan IKN di Kaltim. Yang mana, PPU sebagai salah satu sentrum IKN nantinya, pastinya akan memerlukan banyak tenaga ahli di bidang pemerintahan. Universitas ini bisa menjadi solusi atas hal itu,” jelasnya.

Tidak hanya itu, dia mengungkapkan, IKN resmi pindah di Kaltim, maka akan memerlukan yang akan bekerja di gedung DPR RI sekitar 3.000 tenaga ahli dengan kualifikasi pendidikan akhir, magister. Kemudian ada kedutaan besar dengan staf sekitar 150-an. Belum lagi staf kementerian.

“Itu semua akan memerlukan tenaga ahli yang banyak sekali. Nanti kan kami tidak mungkin ambil SDM dari luar sana. SDM yang kita butuhkan, pasti anak-anak kita yang ada di Kaltim,” katanya.

Keinginan DPRD dan Pemerintah PPU untuk membangun perguruan tinggi di wilayah mereka, diamini Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Ely Hartati Rasyid. Dia menjabarkan, bahwa ada banyak pelajar lulusan SMA yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi lantaran tidak adanya kampus di PPU dan sekitarnya.

Untuk dia, dia sangat mendukung sekali usulan dibangunnya kampus di PPU. Apalagi, dari DPRD dan Pemerintah PPU telah menyiapkan lahan untuk itu. “70 persen lulusan SMA di PPU banyak yang memutuskan tidak melanjutkan pendidikan. Makanya, saya kira perlu dibangun kampus di PPU. Komisi IV akan mendukung itu,” cakapnya. (ADV/G-S06)

Spread the love