G-Smart-Samarinda – DPRD Kaltim menerima kunjungan kerja DPRD Penajam Paser Utara (PPU) pada Senin (7/6/2021) kemarin. Kedatangan para legislatif PPU itu dalam rangka untuk membahas rencana pembangunan Universitas Islam Penajam dengan Komisi IV DPRD Kaltim. Pada kesempatan itu, DPRD PPU mengharapkan adanya rekomendasi dukungan dari legislatif Karang Paci, sebutan DPRD Kaltim.

Dijumpai usai melaksanakan pertemuan, Ketua DPRD PPU John Kennedy berujar, pihaknya memang sengaja membuatkan jadwal untuk bertemu para anggota DPRD Kaltim. Di mana, salah satu poin yang ingin dihabas mereka pada kesempatan itu, yakni terkait rencana pembangunan Universitas Islam Penajam di PPU.

Rencana itu sebagai tindak lanjut atas banyaknya suara serta usulan dari berbagai elemen masyarakat yang ada di PPU. Di mana, mereka semua memiliki sikap senapas, mengharapkan adanya kampus atau universitas yang terbangun di PPU. Sehingga mendekatkan akses pendidikan perguruan tinggi bagi para pelajar di PPU dan sekitarnya.

“Kehadiran kami di DPRD Kaltim ini, sebagai tindak lanjut atas usulan masyarakat. Usulan pembangunan Universitas Islam Penajam ini, secara administrasi sudah melalui proses penjajakan, mulai dari masyarakat paling bawah hingga dengan penyediaan lahan,” tuturnya.

Hadirnya usulan pembangunan universitas itu, kata John, juga dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia (SDM) di PPU secara khususnya untuk menyambut pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di wilayah itu. Karenanya, dianggap penting untuk membangun sebuah kampus atau perguruan tinggi.

“Sebagai bentuk keseriusan itu, kami telah meminta rekomendasi dari masyarakat, ketua rukun tetangga (RT), tokoh masyarakat, dan Pemerintah PPU. Termasuk ke DPRD dan Pemprov Kaltim,” katanya.

Terkait hal itu, Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim, Ely Hartati Rasyid menyampaikan, jika apa yang menjadi usulan dan keinginan DPRD PPU itu adalah ide yang sangat bagus. Sebagai anggota legislatif yang duduk di Komisi IV, dirinya sangat mendukung rencana tersebut. Selain meningkatkan mutu SDM, juga mendekatkan pelayanan pendidikan bagi para pelajar di wilayah PPU dan sekitarnya.

“Saya kira, usulan pembentukan atau pembangunan Universitas Islam Penajam di Kabupaten PPU, merupakan ide yang bagus. Ide ini, ke depan, bahkan bisa mendatangkan nilai ekonomi bagi masyarakat di daerah setempat,” tuturnya.

Dia menambahkan, dengan semakin banyaknya sarana dan prasarana pendidikan yang terbangun di Kaltim, maka itu akan semakin memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat. SDM meningkat. Layanan pendidikan semakin terbuka. Dengan demikian, Kaltim akan semakin banyak memiliki SDM yang handal di bidangnya masing-masing.

“Saya tentunya mendukung usulan ini. Dan kami dari Komisi IV DPRD Kaltim yang membidangi pendidikan, akan mempertimbangkan dengan baik rencana ini. Kalau ada universitas di PPU, artinya kualitas SDM juga akan semakin meningkat,” tandasnya. (ADV/G-S06)

Spread the love