Sangatta, G-Smart.id – Dalam rangka menjalin silaturahmi Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar acara ramah tamah atas kunjungan Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE bersama rombongannya. Acara berlangsung di ruang Meranti Kantor Bupati, Sabtu (30/10/2021) malam.

Kedatangan Bupati Soppeng ini selain untuk menghadiri acara pelantikan dan pengukuhan Dewan Pengurus Daerah Kerukunan Keluarga Soppeng Kutim yang rencananya berlangsung Minggu 31 Oktober 2021 juga mempererat hubungan antara Pemkab Kutim dan Pemkab Soppeng.

Acara ini turut di hadiri Wakil Bupati Kutim Kasmidi Bulang beserta istri, Wakil Ketua DPRD Asti Nazar Bulang, Ketua DPP Keluarga Sopeng dan pengurus KKS, Ketua KKS Makassar, Ketua organisasi kemasyaratakan dan undangan lainnnya.

Dalam sambutannya Bupati Kutim H. Ardiansyah mengatakan Kutim masih belia dibanding Kabupaten Soppeng dan dirinya menyampaikan Kutim memiliki potensi SDA yang luar biasa seperti tambang, minyak, biji besi, emas dan lainnya.

“Alamnya juga baik untuk pertanian serta perkebunan dan sejak 2009 Pemerintah dan DPRD sepakat menggalakkan perkebunan kelapa sawit. Saat ini jumlah luasan kelapa sawit di Kutim hampir 500 ribu hektar,” ujar Ardiansyah.

Ditambahkannya Kutim terbuka kepada siapa saja, apalagi perusahaan-perusahaan juga mempekerjakan tenaga kerja yang berasal dari luar daerah.

“Kutim ibarat miniaturnya Indonesia, semua suku bangsa ada disini (Kutim). Alhamdullilah semua suku bangsa tidak pernah terjadi gesekan karena semua menunjukan kontribusi dalam pembangunan di Kutim,” kata Bupati Kutim kepada Bupati Soppeng.

Terakhir Bupati mengucapkan terima kasih atas kedatangannya dan mudah-mudahan merasa senang berada di Kutim.

Sementara itu Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE menyampaikan Soppeng adalah daerah purba, karena menurut penelitian Soppeng termasuk daerah tertua dimuka bumi. Walaupun tidak mempunyai SDA seperti Kutim tapi Soppeng mempunyai SDM yang handal.

Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak, SE

Kaswadi berharap kepada warga Soppeng yang ada di Kutim agar bisa membawa diri, karena hanya nama saja sebagai orang Soppeng, namun sebenarnya sudah menjadi warga dan penduduk Kutai Timur.

“Yang terpenting dimana tanah dipijak disitu langit dijunjung. Dan saya yakin warga Soppeng bisa membawa diri dan menyesuaikan diri,” pesan Kaswadi kepada masyarakat Soppeng.

Kepada Bupati Ardiansyah Sulaiman dirinya menitip masyarakat Soppeng yang ada di Kutim dan meminta kepada masyarakat Soppeng untuk bersama-sama dengan pemerintah daerah dalam membangun dan berkontibusi di Kutim. (G-S02)