G-Smart.id – Sangatta – Menjaga kelestarian lingkungan bukan semata mata tugas pemerintah namun merupakan tugas semua pihak dan tugas kita bersama. Berbagai upaya dan sosialisasi terus dilakukan baik dalam skala besar maupun skala kecil.

PWGT (Persekutuan Wanita Gereja Toraja) Klasis Kutai Timur sebagai salah satu organisasi keagamaan, mengambil peran dalam hal ini, dengan melakukan sosialisasi dan pembuatan Eco Enzym di Jemaat Bukit Hermon KM 3 Sangatta. Minggu (13/06/2021).

Ketua PWGT Klasis Kutai Timur Herlina S.Pd, mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan ibu-ibu dalam mengelola sampah rumah tangganya.

“Dengan ini diharapkan dapat mengurangi sampah di lingkungan mereka sendiri”. ujar Herlina

Ditambahkannya Eco Enzym mempunyai banyak manfaat bagi keluarga seperti manfaat untuk kebersihan, manfaat untuk kesehatan, untuk pertanian bahkan untuk peternakan dan lain lain.

“Bahan yang di gunakan 1 bagian gula merah, 3 bagian kulit atau sampah buah buahan, 10 bagian air bersih dan hasil akan di panen dalam waktu 3 bulan.” bebernya.

Sosialisasi dan Pembuatan Eco Enzym di Jemaat Bukit Hermon KM 3 Sangatta. Minggu (13/06/2021).

Sementara itu Yuliana Kala lembang sebagai anggota PWGT Klasis, PKK, IBI dan bahkan kini jadi anggota LPA kutim juga sangat bangga dan salut dengan kegiatan ini.

“Saya berharap ini bisa kita terapkan dan kembangkan di setiap Jemaat, kelompok dasawisma, kelompok organisasi dan bagi siapa saja yang bersedia membuat Eco Enzym.” tutur Yuliana.

Apalagi menurut Yuliana bahan dan cara pembuatannya sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

“Semoga setiap rumah di Gang Solata KM.3 dapat mencoba membuat dan menggunakan eco enzym ini untuk keperluan sehari-hari agar nantinya tercipta lingkungan yang sehat dan asri.” tutupnya. (ADV/G-S02).