Kaliorang – G-Smart.id – Selain meninjau persiapan akan beroperasinya Pelabuhan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy Batuta Trans Kalimantan (MBTK), Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman bersama Wabup Kasmidi Bulang dan Forkopimda juga meninjau persiapan pelaksanaan Sail Sangkulirang 2024, jumat (8/4/2022)

“Ada beberapa tempat yang akan dimanfaatkan di Sail Sangkulirang nanti, yang pertama Tanjung Bara, kemudian Pelabuhan KEK MBTK dan Pelabuhan Kenyamukan,” ujar Ardiansyah.

Selain itu dirinya menyebut beberapa lokasi seperti pantai Sekrat, pantai Teluk Lombok , pulau Miang dan lainnya juga akan dijadikan lokasi kegiatan Sail Sangkulirang tersebut.

“Pada H-14 rencananya di Tanjung Bara, kemudian H-1 antara disini (Pelabuhan KEK MBTK) atau di pantai Sekrat, karena itu terkait kedatangan Bapak Presiden Joko Widodo, skenarionya seperti itu,” kata ia.

Persiapan Sail Sangkulirang 2024, Pelabuhan KEK MBTK Ditinjau

Ardiansyah menambahkan, jika Presiden Joko Widodo jadi datang, Pemkab Kutim selain memperlihatkan potensi wisata dan sebagainya, juga memperlihatkan potensi ekonomi.

“KEK MBTK ini sudah diresmikan oleh Bapak Presiden, sehingga kita akan menunjukan bahwa Pemerintah Kabupaten Kutai Timur tidak main-main untuk mengoperasikannya. Selain disini, bisa jadi nanti Presiden dibawa di Tanjung Bara dan di ajak ke pantai Sekrat karena dekat dengan BCIP pabrik Metanol dan Kobexindo Cement,” beber Ardiansyah.

Kegiatan Sail Sangkulirang 2024 merupakan ajang festival bertaraf internasional yang bertujuan untuk mengembangkan sektor pariwisata secara umum dan diharapkan berdampak secara simultan pada sektor ekonomi secara berkelanjutan khususnya di wilayah Kabupaten Kutai Timur.

Sehingga potensi wisata dan sektor-sektor unggulan lainnya dapat dikenal luas baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Dengan demikian, diharapkan akan memberikan efek berantai secara terus menerus pada pertumbuhan ekonomi setelah pelaksanaan Sail Sangkulirang 2024.

Selain Bupati Ardiansyah Sulaiman dan Wabup Kasmidi Bulang, dalam peninjauan ini turut dihadiri Ketua DPRD Kutim Joni, Wakil Ketua Arfan, Anggota DPRD Agusriansyah, Pj Seskab Yuriansyah, Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi, Kepala Bappeda Suprihanto, Kepala DPM-PTSP Kutim Teguh Budi Santoso, Kepala Dinas Perhubungan Rizali Hadi, Camat Kaliorang, Manajemen PT Palma Serasih dan stakeholder lainnya. (G-S02)

Spread the love