Sangatta – G-Smart.id – Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) Suroto memberikan sambutan diacara Konfrensi Cabang (Konfercab) Nahdatul Ulama (NU) Kutim ke IV di Balai Pertemuan Umum Kecamatan Sangatta Utara, Sabtu (26/2/2022) sore.

Dalam sambutannya Suroto menyampaikan, sebagai organisasi sosial keagamaan, NU telah membuktikan mampu mewujudkan tatanan masyarakat yang demokratis dan berkeadilan serta menjaga keharmonisan antar umat beragama.

Ditambahkannya, Konferensi diselenggarakan untuk memilih kepengurusan NU Kutim untuk lima tahun kedepan dengan tujuan membawa NU menjadi lebih solid dan lebih baik lagi.

“Siapapun yang terpilih menjadi pengurus, harus menjadi motivator dalam organisasi,” harapnya.

Menurut Suroto, salah satu hal yang menjamin keberlangsungan dan perkembangan sebuah lembaga adalah kemampuan para pengurusnya untuk membangun komunikasi, baik dengan pengurus maupun dengan masyarakat sehingga berhasil melahirkan program-program yang sangat bermanfaat.

Terakhir dirinya mengatakan, besar harapan kedepannya pengurus NU yang akan terpilih segera menjalankan tugasnya sesuai dengan fungsinya dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan AD/ART dan menjadi garda terdepan dalam menjaga keamanan dan keharmonisan umat beragama untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dan berjalan harmonis bersama pemerintah untuk menata Kutai Timur sejahtera untuk semua.

“Semoga kedepan, kerjasama yang sudah terjalin antara Nahdatul Ulama dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur menjadi semakin baik lagi,” ucap Suroto.

Sementara itu, Wakil Ketua Pengurus Wilayah NU Provinsi Kaltim KH Bukhari saat memberikan sambutan sekaligus membuka Konfercab NU Kutim ke IV menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Kutim, dan dirinya berharap kerjasama akan terus berkesinambungan.

“Agama itu apabila ditopang oleh Pemerintah maka akan menjadi kuat dan Pemerintah manakala ditopang oleh agama akan menjadi kekal,” ujarnya mengutip yang disampaikan Imam Abu Hanifah.

Selanjutnya dikatakan NU didirikan karena tiga alasan, yaitu untuk menjaga agama, menjaga eksistensi NKRI dan mengayomi umat.

Kemudian dirinya mengatakan siapapun nanti yang terpilih menjadi Rais Syuriah dan Ketua Tanfidziyah, PWNU akan selalu mendukungnya. Dan dipilih dengan mekanisme proses konfercab yang benar dan bermartabat.

Selain Plh Sekkab Kutim, Konfercab ini turut dihadiri Ketua Tanfidziyah PCNU Kutim Irawansyah, Ketua DPRD Kutim Joni, Kapolres Kutim AKBP Welly Djatmoko, Perwakilan Kodim 0909/Kutim, perwakilan Lanal Sangatta, Anggota DPRD Kutim Sobirin Bagus, Kemenag Kutim, Rois Syuriah NU Kutim serta undangan lainnya. (G-S02)

Spread the love