G-Smart.id-Samarinda – Kabar kurang mengenakan datang dari Ketua DPRD Kaltim Makmur HAPK. Pria yang pernah menjabat Bupati Kabupaten Berau 2 periode itu, secara tiba-tiba dicopot dari jabatannya sebagai Ketua DPRD Kaltim oleh DPP Partai Golkar. Isu ini sendiri, memang sebelumnya pernah berhembus sekitar 2 bulan lalu.

Namun lewat surat terbaru yang sudah banyak beredar di kalangan masyarakat dan wartawan, menyebutkan, posisi Makmur sebagai Ketua DPRD Kaltim bakal digantikan oleh Hasanuddin Mas’ud, yang saat ini menjabat Ketua Komisi III DPRD Kaltim.

Persetujuan atas pergantian itu dikeluarkan oleh Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, dengan nomor: B-600 /GOLKAR/VI/2021, perihal Persetujuan Pergantian Antarwaktu Pimpinan DPRD Kaltim sisa masa jabatan 2019-2024.

Surat yang ditujukan kepada ketua DPD Partai Golkar Kaltim dan ditandatangani langsung oleh Ketua Umum dan Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Airlangga Hartanto-Lodewijk F Paulus itu, diketahui keluar tertanggal pada 16 Juni 2021.

Perihal hal itu, Makmur HAPK saat dihubungi media ini, memilih untuk tidak memberikan banyak komentar atas kabar dirinya yang dicopot sebagai Ketua DPRD Kaltim. Saat ini, ia mengaku, menunggu informasi resmi dari Partai Golkar. Serta menunggu mekanisme yang berlaku dalam proses pergantian dirinya sebagai unsur pimpinan DPRD Kaltim.

“Itu jangan tanyakan saya, kalau saya komentari takut salah, karena itu sudah ada mekanisme,” singkat pria yang diketahui saat ini juga menjabat sebagai Ketua Harian DPD Partai Golkar Kaltim itu saat dikonfirmasi, Sabtu (19/6/2021).

Untuk diketahui, isu pergantian Makmur sebagai Ketua DPRD Kaltim telah berhembus sejak 2 bulan lalu. Kala itu, beredar surat PAW Makmur sebagai ketua dewan yang bersumber dari DPP Partai Golkar Kaltim. Namun seiring waktu yang berjalan, surat itu pun kemudian hilang begitu saja.

Namun kini kabar itu benar-benar terjadi. Bahkan informasi PAW Makmur sebagai Ketua DPRD Kaltim cukup membuat banyak pihak kaget. Apalagi, Makmur sendiri diketahui tidak memiliki masalah apapun dengan internal Partai Golkar Kaltim. Terlebih, dia merupakan politikus senior Partai Golkar yang juga menjabat Ketua Harian DPD Partai Golkar Kaltim. (ADV/G-S06)