Jakarta, G-Smart.id – Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dibawah kepemimpinan Bupati H Ardiansyah Sulaiman dan Wakil Bupati Kasmidi Bulang berhasil meraih prestasi dengan memperoleh penghargaan dalam Implementasi Program Smart City dari Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Pemberian penghargaan dilaksanakan di International Convention Exhibition (ICE) BSD City Tangerang, selasa (14/12/2021).

Pemberian Penghargaan diserahkan oleh Dirjen Aptika Kemenkominfo dan disaksikan langsung oleh Menteri Kominfo Johnny G Plate kepada Pemkab Kutim yang diterima oleh Sekretaris Daerah Irawansyah yang hadir mewakili Bupati dan Wakil Bupati Kutim.

Ditemui usai menerima penghargaan Sekda Irawansyah menyampaikan rasa syukurnya karena Pemkab Kutim berhasil memperoleh penghargaan Smart City dengan kategori Smart Branding, terkait pembinaan peternakan madu kelulut.

“Mudah-mudahan kedepannya pembinaan potensi-potensi yang ada di Kutim terus di support perusahaan-perusahaan seperti halnya pembinaan madu kelulut yang di support oleh pertamina, apakah itu potensi wisata, produk industri, UKM dan sumber daya alam lainnya,” ujarnya

Ditambahkannya, hal yang terpenting Kutim terus menyiapkan infrastruktur, karena dengan infrastruktur dapat dikembangkan potensi-potensi yang ada di Kutim dan kelengkapan sarana yang berkaitan dengan pusat-pusat informasi.

“Diharapkan nanti desa-desa yang jauh tidak lagi ada yang blankspot ,sehingga potensi disana bisa dikembangkan oleh masyarakat setempat, selain itu diharapkan masyarakat Kutim bisa menggunakan teknologi smart city dengan baik sehingga dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan kesejahteraan bisa tercapai,” kata Irawansyah.

Senada dengan Sekda Irawansyah, Kadis Kominfo Eri Mulyadi yang turut mendampingi menerima penghargaan tersebut mengatakan kategori Smart Branding yang diperoleh terkait pengelolaan madu kelulut yang dilaksanakan di kecamatan Sangatta Selatan.

“Dari 141 kabupaten/kota yang mendapatkan penghargaan Smart City pada tahun 2021, Kutim menjadi salah satu daerah yang memperoleh penghargaan,” ungkap Eri

Selain itu, Eri juga menyampaikan dalam arahan Kemenkomifo saat acara berlangsung bahwa pemerintah terus mendukung pelaksanaan digitaliasi di Indonesia, sedangkan dari Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) juga menyampaikan banyak program-program yang bisa diakses oleh pemerintah daerah dalam rangka pemyelenggaraan TIK di daerah.

“Mereka (BAKTI) siap membantu daerah dalam rangka pengembangan Teknologi, Informasi dan Komunikasi di daerah,” ujar Eri.

Terakhir, Kadiskominfo Kutim ini mengucapkan terima kasih kepada Tim Smart City Kutim, OPD-OPD dan stakeholder lainnya yang sudah susah payah berjuang, terutama pada saat penilaian dan pengisian kuesioner sampai pada penilaian akhir, meskipun diakui masih banyak kendala yang harus dihadapi dan hal-hal yang diperbaiki, terutama yang menyangkut soal anggaran. (G-S02)

Spread the love