Sangatta, G-Smart.id – Kabupaten Kutai Timur (Kutim) adalah salah satu Kabupaten di Kalimantan Timur (Kaltim) yang merupakan daerah heterogen. Sebab, semua suku atau etnis yang ada di Indonesia, juga terdapat di Kutim. Untuk lebih mengenal etnis yang ada di Kabupaten Kutim ini, Pemerintah Kabupaten Kutim melalui Dinas Pariwisata menggelar Pagelaran Tari Nusantara, yang dipusatkan di Folder Ilham Maulana, Sangatta.

Kegiatan digelar selama tiga hari, mulai 29 – 31 Oktober 2021 itu, dibuka Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Jum’at (29/10/2021) sore kemarin.

Kepala Dinas Pariwisata Nurullah, usai pembukaan kegiatan itu mengatakan, Pagelaran Tari Nusantara itu, selain dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke 22 Kabupaten Kutim, juga untuk mengenalkan beragam etnis dan seni yang ada di Kutim. Karena ada beragam etnis, mulai dari Nusantara sampai Merauke ada di Kutim.

“Ada 22 tim seni yang akan tampil pada Pagelaran Tari Nusantara ini. Sebenarnya banyak lagi yang mau mendaftar namun, karena dibatasi waktu maksimal hanya sampai jam 8 lewat (malam). Jadi, tidak bisa mengambil terlalu banyak,” ungkap Nurullah.

Lebih jauh dia berharap, berharap semua etnis yang ada di Kutim bisa saling berkomunikasi dan bersatu untuk membangun Kabupaten Kutim yang lebih dari segi Pariwisata. (G-S04)