Sangatta, G-Smart.id – Pagelaran Seni tari Nusantara yang di inisasi oleh Dinas Pariwisata dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ( HUT) ke 22 Kabupaten Kutai Timur ( Kutim) di gelar di Folder Ilham Maulana Sangatta dibuka oleh Bupati Ardiansyah Sulaiman mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat terlebih para penggiat seni. Jumat, (29/10/2021).

Sayid Abdullah Alatas Ketua seni tari Jepen Tingkilan Selera Kutai mengapresiasi Pemkab Kutim melalui Dinas Pariwisata yang sudah kembali menggelar kegiatan yang sudah lama dirindukan oleh masyarakat

“Akhirnya kami kembali terlibat dalam acara yang sudah dirindukan oleh masyarakat, apalagi ini pertunjukan tari yang melibatkan berbagai beragam budaya yang ada di Kutim, ini luar biasa,” ujar Sayyid Abdullah

Dirinya ingin acara budaya ini bisa diagendakan tiap tahun oleh pemerintah daerah selain sebagai sarana hiburan sekaligus edukasi kepada masyarakat.

“Yang tampil kan hampir mewakili seluruh budaya yang ada di Indonesia, jadi masyarakat pasti sangat terhibur,” imbuhnya

Tari Jepen Tingkilan Selera Kutai saat tampil di acara Pagelaran Tari Khas Nusantara.

Sayyid Abdullah berharap ada perhatian khusus dari pemerintah daerah, mengingat seni dan kebudayaan lokal yang sudah mulai jarang ditemui bahkan ditampilkan pada acara resmi pemerintah maupun swasta.

“Kalau minta di istimewakan tidak lah, kami hanya minta di akomodir dan berikan ruang yang sama dengan budaya lain yang ada di Kutim.”pintanya.

Sementara itu ditempat yang sama Sunaryo pedagang Es Potong juga merasakan berkah tersendiri dengan terselenggaranya acara Pegelararan Tari Nusantara ini yang berlangsung selama 29-31 Oktober 2021

” Alhamdulillah laris mas, biasanya jam segini masih banyak jualannya, tapi ini tinggal sedikit,” katanya senang.

Harapanya kegiatan semacam ini sudah bisa kembali di selenggarakan, karena selama pandemi pendapatan para pedagang secara otomatis berkurang karena adanya pembatasan Kegiatan masyarakat. (G-S08)