Sangatta, G-smart.id –  PT Kaltim Prima Coal (KPC) bekerjasama dengan Bakrie Amanah dan Markas Komando Pangkalan Angkatan Laut (Mako Lanal) Sangatta, menanam 5000 pohon di sekitar ring 1 lingkar tambang KPC.

Penanaman pohon dilakukan sejak (30/11/2021) lalu sampai (14/12/2021), dalam rangka Hari Armada RI dan Hari Menanam Pohon Indonesia Tahun 2021, yang jatuh pada 28 November.

Penanaman berlokasi di pantai Teluk Lombok, Teluk Kaba, Aquatic dan pantai Kenyamukan, dengan 3200 pohon mangrove. Lokasi lainya di Embung Spamdes, Desa Tepian Makmur, Rantau Pulung, Sekolah Adiwiyata dan RT Proklim di Sangatta Selatan serta lokasi lainnya di Sangatta Utara.

Penanaman pohon ini melibatkan sejumlah komunitas Generasi Muda Pembela Lingkungan (Gemilang), Organisasi pelajar Saka Bahari dan Lembaga Adat Besar Kutai Timur.

Kepala Adat Besar Kutai Timur Abdal Nanang mengapresiasi kegiatan penanaman pohon KPC, Bakrie Amanah dan Lanal Sangatta. “Ini cara pemanfaatan CSR yang sangat bagus, berupa penanaman pohon karena manfaatnya langsung kami rasakan. Kami ucapkan terima kasih atas kegiatan ini,” kata Abdal.

General Manager Bakrie Amanah Setiadi Ihsan mengatakan, sebagai lembaga amil kelompok bisnis Bakrie, pihaknya selalu mengajak sebanyak mungkin orang membangun kolaborasi untuk kebaikan. Salah satunya adalah pemulihan lingkungan berupa tanam pohon, sebagai bentuk komitmen keluarga Bakrie dalam mewariskan lingkungan lebih baik kepada generasi yang akan datang.

“Target kami akan ditanam 7000 pohon, berlokasi di sekitar tambang KPC dan Arutmin di Kalsel. KPC Ditargetkan 3500 pohon, namun terealisasi sebanyak 5000 pohon berkat kolaborasi dengan Lanal Sangatta. Terima kasih atas dukunganya yang luar biasa ini,” kata Ihsan.

Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) I Komang Nurhadi mengatakan penanaman mangrove pada Hari Armada RI merupakan gerakan Nasional di lingkungan TNI AL. “Penanaman mangrove ini dilakukan secara nasional di seluruh Indonesia. Ini perintah Presiden yang diturunkan sampai ke level Mako Lanal. Saya mengajak kita semua ikut melestarian mangrove di pantai kita,” kata Danlanal.

Wawan Setiawan, General Manager External Affairs and Sustainable Development (ESD) KPC menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyukseskan program penanaman 7000 pohon tersebut.(*)