Sangatta – G-Smart.id – Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar kegiatan tarhib Ramadhan 1443 H dan dirangkaian dengan pelantikan Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah/ Kepala Sekolah dilingkungan PDM Kutai Timur, sabtu (26/3/2022) di halaman Gedung Muhammadiyah Boarding School (MBS) Sangatta Selatan.

Disaksikan Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Ketua PDM Kutim Syafruddin Syam, Kepala Kemenag Kutim Nasrun dan undangan lainnya, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Timur (Kaltim) KH Siswanto Sunandar melantik empat Kepala Sekolah Muhammadiyah dan Direktur Pondok Pesantren MBS istoqomah.

Dalam sambutannya Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyampaikan Muhammadiyah adalah organisasi yang lebih menekankan pada keikhlasan dalam berorganisasi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Kutai Timur memberikan apresiasi yang setingi-tingginya karena Muhammadiyah secara berkesinambungan selalu istoqomah, terutama dibidang pendidikan.

“Pemerintah menyampaikan terimakasih kepada organisasi otonom Muhammadiyah, khususnya dibidang pendidikan yang telah banyak memberikan kontribusi kepada masyarakat,” ujarnya.

Bupati Kutim ini menambahkan, peta-peta kepemimpinan sekolah-sekolah Muhammadiyah telah disaksikan dan ini sangat penting sekali karena sesungguhnya sejak Muhammadiyah didirikan, pendidikan adalah identitas tertinggi bagi organisasi ini.

“Selamat kepada saudara-saudara yang dilantik sebagai Kepala Sekolah, semoga tugas yang diberikan bisa dijalankan dengan baik dan memberikan yang terbaik bagi anak-anak dan masyarakat Kutim,” harap Ardiansyah.

Terakhir dirinya berterimakasih, anak-anak Kutai Timur dididik oleh para guru yang memiliki kualitas dan kapabilitas dalam bidang belajar dan mengajar.

Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Timur (Kaltim) KH Siswanto Sunandar melantik empat Kepala Sekolah Muhammadiyah dan Direktur Pondok Pesantren MBS istoqomah, sabtu (26/3/2022)

Sebelumnya Ketua PDM Syafruddin Syam bersyukur atas terlaksananya pelantikan Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) atau Kepala Sekolah karena sebelumnya sempat tertunda, dikesempatan ini dirinya melaporkan kepada Bupati, bahwa jumlah AUM di Kutim sebanyak 19 orang.

Dimomen ini Syafruddin juga menyampaikan dua siswa Ponpes MBS saat ini sedang berada di Yogja dan masuk final pada festival sejuta muadzin tingkat Nasional. Selain itu atlet Tapak Suci Putra Muhammadiyah Kutim akan mengikut Porprov di Berau 2022.

“Ada juga siswa Muhammadiyah saat ini sedang mengikuti Pestival Anak Saleh (PASI) Tingkat Nasional di Palembang, ini prestasi siswa-siswi Muhammadiyah saat ini, belum lagi prestasi para AUM dibidang pendidikan,” beber Syafruddin.

Kemudian dirinya menyampaikan kendala yang dihadapi selama masa pandemi Covid-19, dimasa ini menuntut para pendidik harus bisa beradaptasi dan menguasai teknologi dibidang pendidikan sehingga dirinya berharap dapat diberikan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan SDM guru-guru di era digitalisasi saat ini.

“Paling tidak para guru-guru (Guru Muhammadiyah) bisa menyesuaikan dengan teknologi saat ini,” pintanya.

Berikut Kepala Sekolah dan Direktur Pondok Pesantren MBS istoqomah.

1. Siti Hidayatul Ummah, S.Pd. Kepala SD Muhammadiyah 2 Sangatta Utara.

2.Lela Nurlaila, S.Pd Kepala D Muhammadiyah 1 Sangatta Selatan.

3. Jamhari SP, S.Ag, M.Pd Kepala MK Muhammadiyah 1 Sangatta.

4.Shabaruddin, S.Ag Kepala SMK Muhammadiyah 1 Sangkulirang.

5 M. Zainuddin, S.Pd.I Direktur Ponpes MBS Istiqomah Sangatta Selatan.  (G-S02)

Spread the love