Sangatta, G-Smart.id – Guna meningkatnya kualitas SDM dan profesionalitas dalam tata kelola koperasi, Kementrian Koperasi UKM melalui Dinas Koperasi UMKM Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar Pelatihan Koperasi Modern Berbasis Komoditas/klaster, senin (6/12/2021) di Q Hotel Sangatta Utara.

Saat memberikan sambutan sekaligus membuka Pelatihan, Darsafani Kepala Dinas Koperasi UMKM Kutim menyampaikan pesatnya pertumbuhan dan perkembangan Koperasi dibutuhkan manajemen yang baik.

Dirinya ingin setelah menerima ilmu dalam pelatihan ini terjadinya perubahan dalam pengelolan koperasi dengan meningkatnya kualitas SDM dan profesionalitas tata kelola koperasi.

“Pelatihan ini diharapkan mampu mendorong meningkatkan kapasitas SDM Koperasi serta meningkatkan pemahaman tata kelola manajemen dan usaha koperasi, sehingga tercipta koperasi modern yang mampu memberikan kontribusi terhadap PDB Nasional, ” ujarnya.

Lebih jauh disampaikan, output kegiatan ini agar dapat meningkatkan Sisa Hasil Usaha (SHU) Koperasi, meningkatnya kepercayaan dan partisipasi anggota, meningkat juga jumlah anggota koperasi serta meningkat juga omzet dan asset Koperasi.

“Saya ingin Koperasi dapat mengadopsi seperti bank atau pegadaian dalam sistem pengelolaan managemen keuangannya. Serta bagaimana managemen Koperasi berkolaborasi dengan BUMDES agar koperasi kebagian peran dan maju,” pungkas Darsafani.

Dirinya juga menyampaikan tercatat Koperasi yang ada di Kutim sebanyak 1150 unit, yang aktif 667 unit dan yang aktif melakukan RAT 100 unit.

Pelatihan digelar selama tiga hari dari tanggal 6-8 Desember 2021, yang menjadi narasumber Dodi Dermawan dari Lapenkop, Udin Hidayat dari Ikopin, Wenadianto dari Dinas Koperasi UKM Kutim dan Hanif dari Pinbuk. (G-S02)

Spread the love