Sangatta – Puncak kegiatan Festival Iklim Tahun 2021, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyerahkan penghargaan Proklim kepada lokasi Proklim Kategori Utama dan Lestari, Apresiasi Pembinaan Proklim dan Apresiasi Pendukung Proklim yang telah aktif dalam mendukung dan mengembangkan Proklim sebagai bentuk kontribusi nyata berbagai pihak dalam upaya pengendalian perubahan iklim dilaksanakan secara hybrid (faktual dan virtual) di Arboretum Gedung Manggala Wanabakti Jalan Gatot Subroto Senayan Jakarta, Selasa (19/10/2021).

Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menerima penghargaan trophy Proklim Utama dari KLHK dengan lokasi Proklim di Dusun II Kabo Jaya Desa Swargabara Sangatta Utara. Proses penyerahan dilakukan secara virtual oleh Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dr.Ir. Siti Nurbaya, M.Sc kepada Bupati Kutim, H. Ardiansyah Sulaiman di Ruang Live Room Diskominfo Perstik, Selasa (19/10/2021).

Disampaikan Bupati Kutim H. Ardiansyah seusai menerima penghargaan dan trophy dari KLHK ini merupakan penghargaan pertama bagi Kutim yang langsung menerima Trophy Proklim Utama dari sekian kategori. Dirinya menambahkan ini menjadi penghargaan yang luar biasa dan mengucapkan terima kasih kepada pihak RT, warga serta dukungan dari pihak ketiga yakni PT Pama dan PT KPC.

“Intinya kita sudah siap untuk mengurangi emisi rumah kaca dengan beberapa kriteria-kriteria yang sudah disampaikan dan kita melakukakannya dengan skema yang telah direncanakan,” ujarnya.

Dirinya menyampaikan kepada masyarakat untuk memelihara lingkungan, berinteraksi dengan lingkungan dan memberikan dampak yang baik terhadap lingkungan.

Di tempat yang sama Manager KPC Yordhan Ampung menyampaikan bahwa terkait lingkungan itu tanggungjawab semua pihak oleh karena itu KPC dan PAMA telah mengawalinya dengan Proklim di Kabo Jaya.

“Dengan koordinasi yang baik bersama KPC, PAMA dan Dinas LH Kutim telah membuktikan hasil yang baik dengan diterimanya penghargaan kategori Utama Proklim oleh Kementrian Lingkungan Hidup,” ujar Yordhan.

Sementara itu disampaikan juga oleh Project Manager PAMA Pitra Darmana bahwa ini sebagai bagian dari program secara komprehensif untuk membangun lingkungan melalui Proklim, karena ini adalah kontribusi dari perusahaan untuk kepedulian terhadap lingkungan.

“Hal ini patut dilanjutkan dalam kontribusi perusahaan terhadap lingkungan,” kata ia.

Penyerahan penghargaan Proklim Kategori Utama turut disaksikan oleh Manager PT. KPC Yordhen Ampung, Project Manager PT Pama Pitra Darmana, Kadis Kominfo Perstik Ery Mulyadi, Kadia LH Aji Wijaya Effendie dan stakeholders lainnya.(G-S02)