G-Smart.id – Sangatta – Dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 28, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) melaksanakan pelayanan KB gratis serentak di Fasilitas Kesehatan (Faskes) di Kutim. Pelayanan KB serentak ini dilaksanakan pada 24 Juni 2021 seluruh Indonesia.

Dengan mengusung tema “Keluarga Keren Cegah Stuntung”, kegiatan pelayanan KB ini juga didukung dan bekerjasama dengan Kodim 0909 Sangatta, PKK Kutim, IBI Kutim dan PLKB/TPD se Kutim. Dalam pelayanan ini ditargetkan mencapai 2.200 akseptor.

Menurut Plt Kadis DPPKB melalui Kabid KB Mustika, SE, MAP bahwa kegiatan ini bagian dari peringatan Harganas ke 28. Ditingkat Nasional ditargetkan 1 juta akseptor yang ikut KB serentak sementara di Kutim di target 2.200 akseptor.

“KB gratis serentak di faskes se Kutim ini mengutamakan penggunaan kontrasepsi MKJP dengan target 2.200 akseptor” ujarnya melalui WhatsApp, minggu (20/06/2021)

Kabid KB Mustika, SE, MAP

Ditambahkan Mustika Stunting menjadi ancaman cukup serius bagi anak anak Indonesia salah satunya penyebabnya banyak anak dan pernikahan dini sehingga tumbuh kembang anak peran orang tua dan keluarga kurang maksimal.

“Pemerintah tidak memaksakan kalau punya anak lebih dari 2 tapi akan lebih mudah 2 anak lebih sehat” ungkap Mustika.

“Semoga kegiatan ini dapat membantu Pemerintah dalam pencegahan stunting untuk membangun keluarga berkualitas dan sejahtera khusus Kutai Timur”. tutup Mustika. (ADV/G-S02)