Sangatta, G-Smart.id – Upacara Peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 dihadiri Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, Wakil Bupati Kasmidi Bulang,  Forkofimda, serta Kepala OPD dan undangan lainnya. Acara berlangsung di Halaman Kantor Bupati, Pusat Perkantoran Bukit Pelangi, Rabu, (10/11/2021).

Dalam sambutan Mentri Sosial yang dibacakan oleh Bupati Kutim selaku inspektur upacara disampaikan bahwa Para pendiri bangsa ini menyadarinya dengan membangun identitas bahwa kita semua bersaudara sebangsa dan setanah air, inilah pelajaran berharga lidi kuat akan sulit dipatahkan jika dalam kesatuan.

Kita sadar bahwa kita berbeda-beda tapi jangan sampai tepecah-pecah karena oleh perbedaan SARA (Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan) karena akan membuat mundur jauh ke era sebelum Sumpah Pemuda 1928, kita harus menggelorakan semangat gotong royong serta kesatuan dan persatuan Indonesia.

“Kita mempunyai potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan, karena Indonesia mempunyai Sumber Daya Alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis. Tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkan kerja keras yang berkelanjutan dengan didukung inovasi dan daya kreatifitas yang tinggi serta semangat kewirausahaan yang pantang menyerah,” demikian sambutan Mentri Sosial yang dibacakan Inspektur Upacara.

Sementara itu Wakil Bupati Kasmidi Bulang usai upacara mengatakan, di hari Pahlawan ini harapannya semuanya dapat menhhargai jasa dan pengorbanan para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

“Tentunya mempertahankan lebih sulit daripada merebut kemerdekaan, tapi dengan keyakinan, kebersamaan dengan kebersatuan InsyaAllah dengan membangun, mari sama-sama kita berjuang,” ujarnya.

Ditambahkan Kasmidi, Kalimantan Timur juga turut bangga karena terdapat pahlawan nasional pertama yaitu Aji Muhammad Idris.

“Kita bangga karena ada salah satu putra terbaik Kaltim yaitu Aji Muhammad Idris yang menjadi pahlawan nasional tentunya ini menjadi inspirasi bagi kita ternyata perjuangan itu sudah dinilai secara umum,” tutup Wabup Kasmidi.(G-S02/*)