G-Smart.id -Samarinda – Anggota komisi II DPRD Kaltim, Akhmed Reza Fachlevi mengapresiasi penyerapan anggaran dana desa guna meningkatkan infrastruktur dan Sumber Daya Manusia (SDM) dibeberapa Desa di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) .

Akhmed Reza Fachlevi mengatakan dari pantauannya realisasi anggaran desa telah mencapai 60 – 70 persen penyerapannya.

“Untuk realisasi dana desa menurut laporan mencapai 60 hingga 70 persen, anggaran tersebut banyak tersedot pada sektor infrastruktur jalan desa hingga bantuan untuk sektor UMKM,” ujar Reza saat ditemui diruangannya lantai 2 gedung E. Senin (22/03).

Dirinya menuturkan dari 193 Desa yang ada di Kukar, 30 Desa telah mengalokasikan anggaran desa sesuai dengan amanat konstitusi.

“Sudah 30 desa yang telah saya kunjungi dan alhamdulillah penggunaannya tepat sasaran,” ungkap Reza.

Ditambahkan Politisi dari Gerindra ini pada dasarnya pembangunan yang menggunakan anggaran desa merupakan program yang tidak tercover pada APBD maupun ABPN. Dana desa anggarannya tidak terlalu besar tapi kalau digunakan dengan baik maka akan sangat bermanfaat bagi desa dan masyarakatnya.

“Oleh karena itu program yang dijalankan menggunakan anggaran desa merupakan program yang tidak tercover pada APBD maupun APBN,” bebernya.

Selanjutnya Reza berharap kepada semua kepala desa agar menggunakan anggaran desa dengan baik sehingga dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dan program yang dicanangkan oleh pusat dapat tercapai.(ADV/G-S05.)