G-Smart.id – SANGATTA – Momen Bulan Suci Ramadan memang waktu yang sangat istimewa. Di mana umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh dan dianjurkan untuk berbagi atau pun bersedekah.

Keistimewaan itu lah yang membuat Aliansi Jurnalis Kutai Timur (AJKT) menggodok secara matang kegiatan berbagi bersama anak yatim dari panti asuhan Sangatta. Mengingat, Ramadan lebih baik dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya. Apa lagi, bulan ini merupakan kisah kala Nabi Muhammad SAW paling banyak beramal.

Bersedekah, juga merupakan satu sikap kedermawanan yang sekaligus menjadi sifat yang disukai Allah SWT. “Sesungguhnya Allah SWT itu Maha memberi, Ia mencintai kedermawanan serta akhlak yang mulia, Ia membenci akhlak yang buruk.” Hal itu tertuang dalam HR. Al Baihaqi.

Segala persiapan dilakukan untuk menderma, dalam hal ini AJKT bersinergi dengan Pemerintah Kutim dan Manajemen PT. KPC. Lima Puluh paket sembako yang didonasikan oleh perusahaan batu bara itu langsung disalurkan oleh kelompok pewarta ini.

Untuk itu, AJKT menggelar kegiatan buka puasa bersama sekaligus membangun silaturahmi dengan sesama di bulan Ramadan 1442 Hijriah, tepatnya pada Rabu (28/4).

Kegiatan dihadiri oleh Wakil Bupati Kutim sekaligus Pembina AJKT Kasmidi Bulang. Tidak hanya itu, dihadiri pula oleh anggota DPRD Kutim dan Jajaran Manajemen PT. KPC.

Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang mengatakan jika agenda yang digelar merupakan momen yang sangat baik, terutama tujuan pelaksanaan ini dapat diimplementasikan pada Bulan Ramadan.

“Kegiatannya sangat bagus, jangan dilihat bagaimana, tapi nilai lah dari tujuannya yang sangat mulia,” ungkap orang nomor dua di kabupaten ini.

Dirinya juga mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurut KB (sapaan akrabnya), AJKT merupakan organisasi yang aktif dan berhubungan baik dengan berbagai pihak di Kutim. Termasuk dalam mendukung kinerja pemerintah daerah.

“Saya berharap semoga dengan silaturahmi ini bisa menjadikan kita semakin rukun, dan di bulan Ramadan ini kita bisa tetap lancar berkegiatan dan menjalani ibadah,” tutur dia.

Di tempat yang sama, General Manager Eksternal KPC Wawan Setiawan menyebut selama ini PT. KPC sudah melakukan sinergi yang baik dengan AJKT. Agenda saat Ramadan memang menjadi rutinitas yang biasa dilakukan, terlebih dalam hal silaturahmi yang turut dihadiri wakil bupati.

“Komunikasi dengan rekan-rekan AJKT sangat baik. Kami mencatat, terdapat sekira 600 berita tentang PT.KPC pada tahun lalu, di mana 98 persen berisi berita positif,” ungkap Wawan.

Ketua AJKT Sukriadi turut mengakui, kegiatan ini merupakan bukti eksistensi AJKT di Kutim. Bahwa sebagai jurnalis, AJKT ingin bisa berbuat banyak dan menebar manfaat. Ditambahkan pula oleh Sekretaris AJKT Raymond Chouda, jika kali ini pihaknya melibatkan UMKM binaan AJKT.

“Kami juga ingin memperkenalkan UMKM binaan AJKT dari bidang dana-usaha di bazar Ramadan ini, dalam rangka upaya kami turut serta membangkitkan ekonomi di Kutim. Kami juga berterima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini sehingga kita bisa bersilaturahmi dengan aman dan lancar, yang kami harap bisa selalu terjalin dengan baik,” ucapnya. (ADV/G-S03)