DELI SERDANG – Setelah melalui drama panjang dan menegangkan, akhirnya Tim futsal putra Kalimantan Timur (Kaltim) yang di manajeri Arya Bulang putra dari Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang ini berhasil meraih medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024. Kemenangan itu diraih setelah mengalahkan Tim futsal Jawa Timur (Jatim) dengan skor 2-1 dalam pertandingan final yang berlangsung sengit di GOR Dispora Sumut, Deli Serdang, pada Minggu petang (8/9/2024).

Kemenangan dramatis atas Jatim dengan skor 2-1 memastikan emas untuk Kaltim. Gol kemenangan Kaltim tercipta di babak perpanjangan waktu lewat Andi Chairul Anwar menit ke-44.

Pada laga itu Jatim mampu unggul cepat pada menit ke-2. Adalah Achmad Guntur Ramadhan yang membuka keunggulan Jatim. Namun tak berselang lama Kaltim mampu membalas. Menit ke-8, Kaltim membalas lewat aksi Fajar Aidil Adha. Skor 1-1 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua Kaltim tampil lebih mendominasi. Namun sejumlah kans emas tak mampu berbuah gol. Laga sempat terhenti satu jam karena atap gor bocor setelah diterpa hujan. Laga kembali dilanjutkan, namun kedua tim tak mampu mencetak gol hingga berakhirnya waktu normal.

Pada babak perpanjangan pertama, tensi pertandingan semakin memanas. Sandy Kusuma Trilandy no 4 dari Jatim mendapat kartu kuning pada menit ke-2:20. Tidak lama kemudian, giliran pemain Kaltim, Muhammad Tambang Zikra no 8 yang diganjar kartu kuning pada menit ke-3:17 babak perpanjangan.

Kalim lewat skema serangan yang rapi sukses mencetak gol lewat Andi Chairul yang tak dapat dihalau kiper Jawa Timur.

Meski Jatim meningkatkan intensitas serangan di menit-menit akhir, namun semua peluang berhasil dimentahkan oleh pertahanan Kaltim. Hingga peluit panjang berbunyi, skor 2-1 untuk kemenangan Kaltim tak berubah dan Kaltim berhak atas medali emas. (*)

Loading