Sangkulirang, G-Smart.id – Guna memperlancar aktivitas masyarakat menggunakan transpotasi sungai serta membantu kelancaran aktivitas ekonomi maka akan dibangun 4 halte sungai yang ada di Kabupaten Kutai Timur (Kutim).

Pembangunan halte sungai ini merupakan usulan anggota DPR RI Dapil Kaltim Irwan dari Fraksi Demokrat melalui Mitra strategis komisi V Kementrian Perhubungan yang akan dilaksanakan melalui Badan Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD).

Disampaikan Irwan saat melakukan peninjauan ke Dermaga Tanjung Kramat Kecamatan Sangkulirang, Selasa (26/10/2021) bahwa dirinya berharap pembangunan halte Sungai ini bisa membuka konektivitas dengan daerah lain,sehingga distribusi logistik angkutan orang dan barang bisa cukup lancar.

“Ini masih dalam proses pengerjaan oleh pihak BPTD dan di perkirakan rampung tahun ini,” ujarnya

Ditambahkannya dari 10 program yang dikerjakan tahun ini di Kaltim lima diantaranya ada di Kutim. “Salah satunya halte Sungai, tujuanya tidak lain untuk membantu masyarakat,” kata Irwan.

Anggota DPR RI Irwan saat melakukan peninjauan ke Dermaga Tanjung Kramat Kecamatan Sangkulirang, Selasa (26/10/2021)

Sementara itu kepala Dinas Perhubungan melalui Kasi Angkutan Sungai dan Penyebrangan ( ASDP) Soleram mengatakan pembangunan Halte Sungai tersebar di empat kecamatan yang ada di Kutim.

“Sungai Peridan Desa Peridan Kecamatan Sangkulirang, Sungai Pengadan Desa Pengadan Kecamatan Karangan, Sungai Kelinjau Desa Kelinjau Ulu Kecamatan Muara Ancalong serta Sungai Bengalon Desa Muara Bengalon Kecamatan Bengalon,” bebernya

Untuk pembangunan Halte Sungai dikucurkan anggaran senilai 8 Milyar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementrian Perhubungan melalui BPTD sementara Dishub Kutim memfasilitasi berupa data pendukungnya. (G-S08)