Sangkulirang, G-Smart.id – Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal (Kemendes PDTT) memberikan bantuan satu buah Kapal kepada Pemkab Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Perhubungan dalam rangka persiapan penyeberangan Tanjung Kramat Pridan Kecamatan Sangkulirang.

Prosesi penyerahan kapal secara simbolis dilakukan oleh Kepala Dinas Perhubungan Rizali Hadi kepada ketua BUMDes Madani, di Dermaga Ronggang Sangkulirang, Selasa (26/10/2021). Penyerahan kapal ini disaksikan oleh anggota DPR RI Irwan serta undangan lainnya.

Disampaikan oleh Kadishub Kutim Rizali Hadi, Kapasitas kapal penumpang tersebut 20 Groos Tonnage (GT) mampu memuat 25 penumpang dan bersumber dari bantuan DAK Kemendes PDTT Tahun anggaran 2021 dengan total Anggaran 1 Milyar.

“Ini sebagai salah satu upaya dalam rangka meningkatkan konektivitas di daerah-daerah terpencil, Sehingga masyarakat dapat melakukan banyak hal termasuk aktivitas perekonomian yang dapat mengurangi kesenjangan antar wilayah,” ujarnya.

Sementara itu Camat Sangkulirang Rahmat mengapresiasi langkah pemerintah Pusat melalui Kementerian Perhubungan untuk membuka akses transportasi guna memudahkan masyarakat dalam beraktivitas.

“Sebagai daya dukung dan keseriusan kami pemerintah Kecamatan juga sudah membuka jalan yang menuju Dermaga sepanjang 4 kilo meter dengan lebar 20 Meter. Kan sayang kalau Dermaganya sudah jadi jalan daratnya belum siap,” kata ia.

Di tempat yang sama Ketua Koperasi Pridan Madani Basrie mengatakan pihaknya akan coba mengoptimalkan dengan mengelola bantuan ini (speedboat) dengan baik, supaya bisa bermanfaat bagi masyarakat

“Bantuan ini sudah sangat dinantikan oleh masyarakat yang mayoritas di pesisir karena masih mengandalkan transportasi jalur air dalam beraktivitas,” beber Basrie. (G-S08)