Sangatta – G-Smart.id – Banyaknya wilayah di Sangatta yang terkena bencana banjir membuat sebagian masyarakat bahu membahu mendirikan dapur umum untuk menyalurkan makanan siap saji kepada warga yang terdampak banjir.

Tak terkecuali warga RT 65 Perumahan Griya Bukit Pelangi Kanal 3 Sangatta Utara, mereka menyadari para pengungsi maupun warga yang terdampak banjir sangat membutuhkan asupan makanan sehingga seluruh warga berinisiatif menggalang dana secara swadaya untuk menyediakan bahan pangan yang diolah menjadi makanan siap dikonsumsi dengan mendirikan dapur umum mandiri.

Disampaikan oleh Ilham Ketua RT 65 (Kanal 3) bahwa wilayahnya sampai saat ini tidak terkena banjir, sehingga pihaknya mendirikan dapur umum untuk membantu RT lainnya yang terdampak banjir.

“Kami berharap, makanan siap saji ini bisa langsung disalurkan untuk membantu mereka yang kebanjiran,” ujar Ilham.

Ilham Ketua RT 65 (Kanal 3) Sangatta Utara.

Untuk sasaran pendistribusiannya, Ilham dan warganya berusaha langsung mengantarkan ke rumah-rumah warga yang masih ada penghuninya, karena masih banyak terdampak banjir yang belum tersentuh.

“Warga kami siap mendistribusikannya, untuk makan siang 200 bungkus yang kami salurkan, sedangkan untuk makan malam juga 200 bungkus,” bebernya.

Ia menuturkan bahan makanan yang didapat berasal dari urunan secara swadaya warga RT 65 di Kanal 3 Sangatta Utara, yang masak ibu-ibu Perumahan Griya Bukit Pelangi dan yang mendistribusikannya para bapak-bapaknya.

“Pendistribusiannya kami bagi menjadi dua Tim, untuk distribusi siang dan distribusi malam,” kata Ilham.

Pendistribusian Makanan Siap Saji oleh warga RT 65 (Kanal 3) untuk masyarakat terdampak banjir.

Namun dirinya menambahkan, salah satu kendala yang mereka alami karena armada untuk melakukan pendistribusian masih kurang dan lokasi-lokasi yang sulit dijangkau.

“Harapannya ada kolaborasi antara BPBD atau Basarnas yang bisa mendistribusikan yang tidak bisa kami jangkau,” pungkas Ilham.

Warga RT 65, sambung Ilham, akan berupaya mendirikan dapur umum ini sampai musibah banjir berakhir dan warganya siap bahu membahu menyiapkan makanan siap saji tersebut untuk warga RT lain yang terdampak musibah banjir. (G-S02)

Spread the love