Sangatta – G-Smart.id – Untuk mewujudkan tata kelola kelembagaan Tim Penggerak PKK yang baik dan selaras dengan hasil Rakernas ke 9 tahun 2021, TP PKK Kabupaten Kutai Timur (Kutim) menggelar pembekalan dan pembimbingan guna meningkatkan kapasitas bagi pengurus TP PKK se Kutim.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, dari tanggal 4 hingga 5 Februari 2022 itu, diikuti 185 orang peserta yang terbagi menjadi 5 kelas. Untuk kelas sekretaris dilaksanakan di Gedung Wanita Kutim. Kemudian, Pokja I di ruang Rapat TP PKK Kutim, Pokja II di Kantor Dinas Komunikasi, Informatikan dan Persandian Statistik (Diskominfo), Pokja III di Kantor Badan Kesatuan bangsa dan politik (Kesbangpol) dan Pokja IV di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Ketua TP PKK Kutim Ny Siti Robiah dalam sambutanya menyampaikan pemberdayaan keluarga yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat menjadi salah satu tolok ukur dalam pembangunan yang perlu mendapatkan prioritas penanganan secara terencana, terpadu, terstruktur, merata dan berkualitas yang bersendikan kearifan lokal melalui gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.

Ditambahkannya pengelolaan PKK dilakukan oleh TP PKK secara berjenjang mulai TP PKK Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota dan  Kecamatan dengan menerapkan 10 Program Pokok PKK.

“Dalam pelaksanaan 10 program Pokok PKK tentunya membutuhkan tata kelola kelembagaan gerakan PKK baik dari sisi administrasi maupun program,” beber Siti Robiah saat pembukaan kegiatan ini di Gedung Wanita Kutim Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi, jumat (4/2/2022).

Terakhir dirinya mengucapkan terima kasih kepada TP PKK Provinsi Kaltim yang telah meluangkan waktu untuk melakukan pembekalan serta pembinaan kepada Tim Penggerak PKK Kutim. Dan terima kasih juga kepada OPD yang selama ini selalu mendukung seluruh kegiatan TP PKK Kutim.

Sebelumnya Sekretaris TP PKK Kaltim Ny Faridah Syafrudin menyampaikan pihaknya berterimakasih karena sudah diundang untuk menyampaikan materi dan berbagi informasi dalam meningkatkan kapasitas bagi pengurus TP PKK se Kutim.

Dirinya berharap kepada seluruh peserta yang nantinya menerima informasi dan pengetahuan dalam kegiatan ini agar diinfokan secara berjenjang dan berkelanjutan kepada anggota TP PKK Kecamatan dan Desa yang tidak mengikuti pembekalan dan pembimbingan ini.

Sekretaris TP PKK Kaltim Ny Faridah Syafrudin.

“Kenapa peningkatan kapasitas dilakukan? ini dilakukan untuk mewujudkan 10 program pokok PKK, selain itu diharapkan TP PKK Kutim bisa setara dengan TP PKK lainnya,” ujarnya.

Sebagai narasumber di kegiatan ini adalah Ny. Hj. Faridah Syafruddin, S.Pdi (Sekretaris), Ny S.N. Diding Revilla, Dipl.Rad (Pokja I), Ny, Dra. Hj. Hertati Alex, M.Si (Pokja II), Ny .Ir. Hj. Noor Hartati Ibrahim, MP (Pokja III) dan Ny.Nurul Wahdah, SKM.,M.Kes (Pokja IV). (G-S02)

Spread the love